DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Asesmen Formatif Berbantuan Perangkat Mobile untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP

Marsandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Ketuntasan belajar merupakan salah satu tujuan proses belajar mengajar. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah melaksanakan asesmen formatif sebagai bagian tak terpisahkan dari proses belajar mengajar. Asesmen formatif dalam proses belajar mengajar IPA selama ini masih belum berjalan optimal dikarenakan beberapa faktor di antaranya keterbatasan waktu yang dimiliki guru akibat beban kerja yang cukup tinggi, jumlah siswa cukup besar, dan belum tersedianya perangkat baku untuk melakukan asesmen formatif.  Kurang optimalnya asesmen formatif tersebut dapat diatasi salah satunya dengan penelitian & pengembangan sistem asesmen formatif berbantuan perangkat mobile (smartphone). Perangkat mobile memiliki kelebihan utama dalam fleksibilitas penggunaan sehingga memudahkan siswa melakukan asesmen di mana pun dan kapanpun siswa memerlukannya. Tujuan penelitian & pengembangan ini adalah mengembangkan aplikasi asesmen formatif berbantuan perangkat mobile yang layak dan efektif meningkatkan ketuntasan belajar IPA siswa SMP.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan desain pengembangan instruksional ADDIE yang terdiri atas lima fase yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (penerapan), dan Evaluate (evaluasi). Data penelitian & pengembangan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari pengolahan nilai angket respon siswa-guru, serta hasil skor tes awal dan tes akhir. Data kualitatif diperoleh dari komentar ahli, siswa, dan guru. Uji coba produk meliputi dua tahap yaitu uji coba produk terbatas dilakukan pada enam orang guru dan delapan siswa SMP kelas VIII. Uji coba produk lebih luas sekaligus uji efektivitas produk dilakukan pada tiga puluh orang siswa SMP kelas VIII SMPN 6 Palangkaraya dengan desain pretest-posttest control group design.

Produk pengembangan berupa sebuah aplikasi asesmen formatif yang didesain digunakan siswa secara mandiri terbukti layak digunakan sebagai model asesmen formatif. Implementasi untuk menguji efektifitas produk menunjukkan hasil aplikasi efektif meningkatkan ketuntasan belajar IPA siswa, namun belum mampu mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Pengembangan lebih lanjut disarankan mengembangkan model asesmen tersebut pada seluruh materi IPA dan menambah fasilitas pemantauan penggunaan aplikasi terutama penggunaan video remedial.