DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) BERBANTUAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SMPN 18 MALANG

Mardiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardiana. 2016. Pengembangan Modul Program Kawasan Rumah  Pangan Lestari (KRPL) Berbantuan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII SMPN 18 Malang. Tesis, Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas  Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S. (II) Dr. Sueb, M.Kes.

 

Kata kunci: modul, Program KRPL, Pembelajaran Berbasis Masalah, hasil belajar kognitif, sikap peduli lingkungan.

Bahan ajar memiliki peran sangat penting bagi guru, siswa, serta pada kegiatan pembelajaran. Salah satu jenis bahan ajar yang dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam belajar berupa modul karena memiliki struktur yang sistematis sehingga siswa dapat belajar mandiri tanpa guru dan menjadikan pembelajaran semakin bermakna sesuai dengan tujuan pendidikan dan kurikulum 2013. Tujuan penelitian yaitu (1)  menyusun modul Program KRPL berbantuan PBM untuk siswa sekolah menengah pertama (2) menguji kelayakan modul Pogram KRPL berbantuan PBM melalui uji validasi oleh ahli materi, ahli modul, dan praktisi pendidikan (3) menguji kepraktisan modul program KRPL berbantuan PBM melalui uji coba pendahuluan oleh siswa (4) mengetahui tingkat keefektifan modul program KRPL Berbantuan PBM terhadap hasil belajar kognitif siswa dan sikap peduli lingkungan lingkungan siswa kelas VII SMPN 18 Malang melalui quasi experiment. Pengembangan modul program KRPL berbantuan PBM ini menggunakan model pengembangan Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluasi (ADDIE).

Berdasarkan  hasil yang didapatkan melalui validasi ahli materi sebesar 94,06% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli modul sebesar 90,5% dengan kategori sangat valid. Hasil praktisi pendidikan di lapangan sebesar 96,0% dengan kategori sangat valid, dan uji pendahuluan sebesar 89,9% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan analisis statistik anakova dihasilkan F hitung  untuk hasil belajar kognitif sebesar 8,08 dengan signifikansi 0,001 lebih kecil dari α 0,05 (