DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Keterampilan dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD.

VINA GAYU BUANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Buana, Vina Gayu. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Keterampilan dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A., (II) Dr. Muhardjito, M.S.

 

Kata Kunci: asesmen autentik, kompetensi keterampilan, pembelajaran tematik.

Asesmen merupakan hal yang penting dalam dunia pendidikan saat ini. Melalui Kurikulum 2013 dengan menerapkan pembelajaran tematik, asesmen yang digunakan yaitu asesmen autentik. SDN Karangbesuki 3 Kota Malang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013. Melalui wawancara dengan guru kelas IV SDN Karangbesuki 3 diperoleh hasil bahwa guru merasa kesulitan dalam membuat kisi-kisi penilaian dan membuat instrumen asesmen autentik. Biasanya guru tidak memberikan nilai ketika pembelajaran karena guru belum mengembangkan alat asesmen yang diperlukan. Hasil analisis buku guru dan LKS diperoleh fakta bahwa rubrik untuk kegiatan proyek siswa belum tercantum, sehingga guru dalam memberikan nilai proyek siswa tanpa menggunakan rubrik yang jelas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk instrumen asesmen autentik kompetensi keterampilan untuk kelas IV SD. Instrumen asesmen yang dikembangkan meliputi asesmen kinerja, proyek, dan portofolio.

Pengembangan produk instrumen asesmen ini menggunakan model ADDIE. Tahap-tahap penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Analyze, (2)  Design, (3) Develop, dan (4) Implement dan (5) Evaluate. Data penelitian berupa hasil validasi diperoleh dari ahli asesmen dan uji coba pengguna. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan instrumen asesmen kompetensi keterampilan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan produk diperoleh skor sebesar 92,5% dengan tingkat kevalidan sangat valid dan dapat digunakan. Hasil dari respon guru diperoleh skor sebesar 87,5% dengan tingkat ketergunaan sangat valid, sangat efektif, dan dapat digunakan. Meskipun produk yang diperoleh sangat valid, akan tetapi produk tetap dilakukan revisi. Revisi produk didasarkan atas saran atau masukan dari validator dan pengguna. Instrumen asesmen autentik kompetensi keterampilan ini dapat dimanfaatkan oleh guru yang dalam pembelajarannya menerapkan Kurikulum 2013 untuk kelas IV tema Tempat Tinggalku. Guru sebaiknya mencermati penggunaan instrumen asesmen, pemetaan tugas, dan rubrik penilaian, agar dalam menggunakan instrumen asesmen jelas. Bagi sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 sebaiknya menggunakan instrumen asesmen yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

 

ABSTRACT

 

Buana, Vina Gayu. 2014. Development of the Authentic Assessment Skills Competency in Learning Thematic Grade IV SD. Thesis. Elementary Education Study Program, Graduate Program, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. Cholis Sa'dijah, M.Pd., M.A., (II) Dr. Muhardjito, M.S.

 

Keywords: authentic assessment, competency skills, thematic learning.

Assessment is an important thing in the education world nowadays. Through curriculum 2013 by implementing a thematic learning, assessment used is authentic assessment. SDN Karangbesuki 3 Malang is one of schools with a curriculum 2013. By interviewing the fourth grade’s teacher at SDN Karangbesuki 3, it resulted that teachers get difficulties in making lattice assessment and authentic assessment instrument. Sometimes the teachers do not provide value when learning because they have not developed the assessment tools needed. The analysis’ results of teachers' books and worksheets obtained the fact that the rubric for students’ project activity is not yet listed, so that the teachers do not use a clear rubric to assess the students. The purpose of this research and development is producing Instrument of authentic assessment of skills competency for fourth grade. The assessments of instrument developed include performance assessment, project, and portfolio.

This assessments of instrument product development use ADDIE models. The stages of research and development are: (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, and (4) Implement, and (5) Evaluate. Research data validation results are obtained from the assessment expert and users testing. Data obtained in the form of quantitative data and qualitative data were then analyzed by using quantitative and qualitative analysis. The data obtained is used to measure the validity and practicality of Instrument of authentic assessment of skills competency.

The results showed that the level of products validity get 92.5% with very valid level and it can be used. The results of the teachers’ response were obtained 87.5% with very valid level of interoperability, very effective, and can be used. Although the product obtained is very valid, but the product still continues to be revised. Products revision are based on feedback from the valuators and users. Instrument of authentic assessment of skills competency is can be used by the teachers in implementing the learning curriculum 2013 in theme “Tempat Tinggalku” for the fourth grade. The teachers should examine the use of the assessment instrument, mapping tasks, and the assessment rubric, in order to use them clearly clear. For schools that implement Curriculum 2013, they should use the assessment instrument that is appropriate for the students needs.