DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh praktikum dan demonstrasi dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi asam-basa ditinjau dari kemampuan awal

fitria rizkiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizkiana, Fitria. 2016. Pengaruh Praktikum dan Demonstrasi dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam-Basa Ditinjau dari Kemampuan Awal. Tesis.Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D., (II) Dr. Siti Marfu’ah, M.S.

 

Kata kunci: inkuiri terbimbing, praktikum, demonstrasi, motivasi belajar, hasil belajar, kemampuan awal, asam-basa.

Materi asam-basa dapat dipelajari dengan baik jika siswa memahami materi kesetimbangan kimia, stoikiometri dan ikatan kimia. Selain itu, pembelajaran materi asam basa akan menarik dan bermakna jika siswa diikutsertakan dalam menemukan konsep melalui inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium. Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium dapat dilakukan melalui praktikum dan demonstrasi. Kedua jenis pembelajaran ini memberikan kesempatan yang sama kepada siswa untuk menelaah, menganalisa dan menemukan konsep berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan melalui praktikum dan demonstrasi dalam pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) perbedaan hasil belajar antara siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah, (3) pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar, (4) perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan melalui praktikum dan demonstrasi dalam pembelajaran inkuiri terbimbing, (5) perbedaan motivasi belajar antara siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah, (6) pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap motivasi belajar.

Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Malang pada tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalahkelas XI IPA 3 danXI IPA 5 yang masing-masing berjumlah 36 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket motivasi, yang masing-masing memiliki reliabilitas sebesar 0,863 dan 0,879. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan MANOVA.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) tidak ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan melalui praktikum dan demonstrasi dalam pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) ada perbedaan hasil belajar antara siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah, (3) tidak ada pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan awal secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa, (4) ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan melalui praktikum dan demonstrasi dalam pembelajaran inkuiri terbimbing, (5) ada perbedaan motivasi belajar antara siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah, (6) tidak ada pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan awal secara bersama-sama terhadap motivasi belajar.