DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN STUDENT WORKSHEET BERBASIS GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PENELITIAN GEOGRAFI IPS SMA

Nur Cholifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Cholifah, Nur. 2016. Pengembangan Student Worksheet Berbasis Group Investigation Pada Materi Penelitian Geografi IPS SMA. Tesis, Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan Student Worksheet, Model Group Investigation, Penelitian Geografi.

Penelitian geografi sebagai salah satu materi yang membutuhkan studi lapangan tentu lebih mudah pelaksanaannya apabila ada bahan ajar pendukung seperti student  worksheet. Pembuatan atau pengembangan student  worksheet tidak bisa disamaratakan dengan semua materi yang ada di kelas X. Hal ini dikarenakan setiap materi mempuyai ketercapaian kompetensi yang berbeda. Pada kenyataannya student worksheet yang ada di lapangan disamaratakan dan masih mengacu pada tekstual dan evaluasi hasil belajar dengan pengisian soal-soal. Berdasarkan fakta di atas maka pengembangan student worksheet yang sesuai dengan kebutuhan materi sangat diperlukan. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa student worksheet berbasis Group Investigation pada materi penelitian geografi semester gasal kelas X IPS. Jenis penelitian ini research development yang menggunakan metode pengembangan dari Borg & Gall (mengambil sembilan tahap). Subjek uji coba yaitu: kelompok kecil 18 siswa kelas Lintas Minat, kelompok besar 31 siswa kelas X IPS di SMAN 3 Malang. Instrumen yang digunakan adalah angket sebagai penilaian untuk validator ahli materi, desain pembelajaran, bahasa, guru mata pelajaran, dan siswa. Penghitungan skor kriterium yang diperoleh dari hasil angket menggunakan skala likert. Analisis data yang dilakukan melalui deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengembangan student worksheet berbasis Group Investigation layak untuk digunakan dalam pembelajaran geografi pada materi yang berkaitan dengan penelitian lapangan. Hal ini karena student worksheet berbasis Group Investigation berfungsi sebagai panduan penelitian lapangan. Hasil kelayakan mengacu pada penilaian dari tiga validator masing-masing ahli yaitu: materi (79,35%), desain pembelajaran (73,28%), dan bahasa (721,42%). Hasil uji coba kelompok  kecil (80,90%), kelompok besar (84,35%), dan penilaian (praktikum I (80,30%), praktikum II (83,23%), dan laporan penelitian (82,90%). Mengacu pada hasil tersebut dapat dikatakan bahwa student worksheet yang dikembangkan layak dan mampu dipahami oleh siswa, walaupun dalam pembuatan laporan penelitian masih perlu pembenahan. Saran pemanfaatan, pentingnya menejemen waktu dalam penerapan student worksheet. Saran desiminasi salah satunya bisa melalui seminar nasional atau MGMP. Bagi peneliti lanjutan yaitu pengembangan student worksheet dengan mengombinasikan menggunakan media karena dengan media akan memudahkan siswa mengetahui dan mempelajarai daerah lain yang tidak bisa secara langsung dijangkau oleh siswa, sehingga pembahasan akan lebih luas.