DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN NGIMBANG KABUPATEN LAMONGAN

Faizatul Yasmin hendrawani

Abstrak


ABSTRAK

 

Yasmin, Faizatul.L. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kedisiplinan terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas IV SD Gugus III Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan, Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd., (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si.

 

Kata kunci: Pola asuh orang tua, Disiplin, Tanggung jawab belajar

Dewasa ini orang tua sangat sibuk dengan kegiatannya masing-masing dengan alasan untuk kebahagiaan serta masa depan anak , sehingga orang tua lupa akan tugas utamanya yaitu mengasuh dan mendidik buah hatinya. Kurangnya sikap disiplin dan tanggung jawab belajar mengakibatkan banyaknya pelanggaran yang dilakukan anak. Disiplin dan tanggung jawab belajar merupakan karakter yang sangat penting. Tujuan penelitian  ini adalah 1) mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap tanggung jawab belajar; 2) mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin terhadap tanggung jawab belajar; 3) mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua dan disiplin secara bersama-sama terhadap tanggung jawab belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah korelasional nonexperimental research, pendekatannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik questioner atau angket dan wawancara dengan objek penelitian siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Sumber data untuk penelitian ini adalah siswa, dan orang tua. Teknik analisis data dengan regresi berganda. Mengetahui pola asuh orang tua digunakan dasar penjumlahan dari setiap kategori pola asuh dan untuk variabel disiplin dan tanggung jawab belajar menggunakan dasar penghitungan skor t. Teknik analisis data regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap tanggung jawab belajar dan pengaruh disiplin terhadap tanggung jawab belajar, sedangkan teknik analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan disiplin secara bersama-sama terhadap tanggung jawab belajar. Uji statistik ini dilakukan dengan menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pola asuh orang tua berpengaruh terhadap tanggung jawab belajar dengan harga koefisien korelasi (R) sebesar 0,527 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,277 serta thitung 5.878 dengan signifikansi 0,000. (2) Disiplin juga berpengaruh terhadap tanggung jawab belajar dengan harga koefisien korelasi (R) 0,320 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,102 serta thitung 3,202 dengan signifikansi 0,002. (3) Pola asuh orang tua dan disiplin secara bersama-sama berpengaruh terhadap tanggung jawab belajar dengan harga R sebesar 0,573 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,328 serta Fhitung sebesar 21,717 dengan signifikansi 0,000. Persamaan dari hasil analisis regresi berganda ini adalah Tanggung Jawab Belajar =  0,348 + 0,443 Pola Asuh Orang Tua + 0,209 Disiplin. Koefisien regresi pola asuh orang tua sebesar 0,443 menyatakan bahwa setiap kenaikan pola asuh orang tua 1% akan meningkatkan tanggung jawab belajar sebesar 0,443%. Koefisien disiplin sebesar 0,209 menyatakan bahwa penambahan 1% disiplin akan meningkatkan tanggung jawab belajar sebesar 0,209%.