DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FormulasiStrategiKomunikasiPemasarandanImplementasipada SMA Negeri 10 Malang (Leadership Academy)

VINI TANZAH CAHYATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyati, Vini Tanzah. 2016. Formulasi Strategi Komunikasi Pemasaran  dan Implementasi pada SMA Negeri 10 Malang (Leadership Academy). Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. F. DanardanaMurwani, M.M., (II) Dr. Wahju Wibowo, A.Md., M.Si.

 

Kata Kunci: strategi, komunikasi, pemasaran, , implementasi. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui formulasi strategi komunikasi pemasaran, implementasi strategi komunikasi pemasaran, serta faktor pendukung dan penghambat dalam aktifitas komunikasi pemasaran. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi diperoleh hasil penelitian bahwa: (1) prosedur strategi komunikasi pemasaran adalah memilih sasaran yang dituju, mengidentifikasi keinginan masyarakat, menentukan marketing mix, (2) implementasi strategi komunikasi pemasaran fokus pada satu elemen yaitu promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, serta penjualan personal, (3) faktor pendukung implementasi yaitu media promosi, tim khusus pemasaran sekolah  ketersediaan dana, fasilitas, sarana dan prasarana memadai, tenaga pengajar dengan kualifikasi yang baik, kerjasama luar negeri maupun dalam negeri, antusiasme siswa sebagai marketing pemasaran sekolah, loyalitas wali murid dalam bentuk word of mouth, ciri khas sekolah asrama, beasiswa dan berprestasi, sedangkan faktor penghambatnya yaitu biaya pendidikan yang tinggi.