DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI-B SDN No. 1 Dompu

ABDUL RAFIK K.

Abstrak


ABSTRAK

 

Rafik K., Abdul. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI-B SDN No. 1 Dompu. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (I) Prof. Hj. Utami Widiati, M. A., Ph. D. Pembimbing (II) Dr. Muhardjito, M. S.

 

Kata Kunci: pembelajaran Jigsaw, multimedia, aktivitas belajar, prestasi belajar IPA.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal bahwa peserta didik yang tidak menyukai pembelajaran dalam kelompok, dan prestasi belajar peserta didik yang masih di bawah KKM sekolah (70), serta cara mengajar guru yang masih cenderung menggunakan metode ceramah dan pembelajaran yang berpusat pada guru. Pemilihan penggunaan pembelajaran Jigsaw dalam penelitian ini dikarenakan Jigsaw merupakan salah satu jenis dari pembelajaran kooperatif yang esensi pembelajarannya adalah kerja sama dari seluruh peserta didik dalam pembelajaran. Jigsaw juga dipandang mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik karena memiliki langkah-langkah pembelajaran yang mengikutsertakan peserta didik secara menyeluruh dalam pelaksanaan pembelajaran, dan hal tersebut dapat mengakibatkan aktivitas belajar peserta didik dapat tercipta secara maksimal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran Jigsaw dengan multimedia untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN No. 1 Dompu  NTB pada peserta didik Kelas VI-B pada mata pelajaran IPA semester Genap tahun pelajaran 2015/2016 selama 3 bulan. Subjek penelitian terdiri 41 orang dengan 22 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan model alur yang meliputi; reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Peneliti hadir sebagai peneliti utama yang menyediakan instrumen penelitian, mengumpulkan data, mengolah data, dan melaporkan hasil penelitian. Penelitian ini berkolaborasi dengan guru kelas yang menjadi guru model, dan dua orang guru laing yang bertindak sebagai pengamat dalam pembelajaran.

Melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan multimedia dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA peserta didik kelas VI-B SDN No.1 Dompu yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang tepat. Adapun langkah pembelajaran Jigsaw adalah: membentuk kelompok heterogen yang beranggotakan 4-6 orang, tiap orang dalam kelompok diberi subtopik yang berbeda, setiap kelompok membaca dan mendiskusikan subtopik masing-masing dan menetapkan anggota ahli yang akan bergabung dalam kelompok ahli, anggota ahli dari masing-masing kelompok berkumpul dan mengintegrasikan semua subtopik yang telah dibagikan sesuai dengan banyaknya kelompok, kelompok ahli berdiskusi untuk membahas topik yang diberikan dan saling membantu untuk menguasai topik tersebut, setelah memahami materi, kelompok ahli menyebar dan kembali ke kelompok masing-masing, kemudian menjelaskan materi kepada rekan kelompoknya, tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, guru memberikan tes individual pada akhir pembelajaran tentang materi yang telah didiskusikan, siswa mengerjakan tes individual atau kelompok yang mencakup semua topik.