DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PersepsiMahasiswaTerhadapPembelajarannKewirausahaanDalamMenumbuhkanMinatBerwirausaha (StudiKasusPadaMahasiswaLintasJurusanUniversitasNegeri Malang).

joni alif utama

Abstrak


ABSTRAK

 

Utama, Joni Alif. 2016. PersepsiMahasiswaTerhadapPembelajarannKewirausahaanDalamMenumbuhkanMinatBerwirausaha (StudiKasusPadaMahasiswaLintasJurusanUniversitasNegeri Malang). Tesis.Program Studi S2 PendidikanBisnisdanManajemen, Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I) Prof. Dr. F. DanardanaMurwani, M.M., (II) Dr. WahjuWibowo, A.Md.,M.Si.    

 

Kata Kunci:persepsi, pembelajarankewirausahaan, minatberwirausaha, lintasjurusan.

Lembagapendidikantinggisepertiuniversitasmemainkanperan yang sangatpentingdalammemberikanpembelajarankewirausahaan, pelatihan, danbantuanteknislainnyakepadamahasiswa.pengembangansemangatkewirausahaantelahmenjadihalpenting di masadepan. Melaluipembelajarankewirausahaanakanmenciptakankesempatankerjabagimasyarakat, memberikanmotivasiawalkepadamahasiswauntukmemilikibisnis..Upayaperguruantinggisebagailembagapendidikanmemilikitanggungjawabmenyiapkanlulusan yang mandiridanmampubersaing di masyarakat, dikembangkanlahpembelajarankewirausahaan.Tujuanpenelitianiniyaitumengetahui (1) BagaimanakahpersepsimahasiswalintasjurusanUniversitasNegeri Malang terhadappembelajarankewirausahaandalammenumbuhkanminatberwirausaha (2) Bagaimanabentuk-bentukkegiatanpembelajarankewirausahaan yang diterapkan (3) Apakahfaktor-faktor yang mendorongmahasiswamengikutipembelajarankewirausahaandalammenumbuhkanminatberwirausaha, (4) Apakahmanfaat yang diperolehmahasiswaselamamengikutipembelajarankewirausahaan.

Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatifdenganpendekatandeskriptifdanstudikasus.Key informanyaitu 5 mahasiswalintasjurusan yang berada di UniversitasNegeri Malang. Dalammengumpulkan data melaluiwawancaramendalam, dandokumentasi.Triangulasisumber data danteoridigunakanuntukmengecekkeabsahan data.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankewirausahaandapatmemberikanmanfaatyaitusalahsatunyamemberikandorongankepadamahasiswauntukmelakukanataumenjalankansuatuusaha.Pembelajarankewirausahaanmembantumahasiswadalammeminimalisirterjadinyapenyimpangan, memberikankemudahanpadamahasiswadalammemetakansetiaprencanabisnis.Merekaberanggapanbahwapembelajarankewirausahaansebagailangkahawalpentingdalammenumbuhkanpemikiranpadamahasiswauntukmenjalankanusahakhususnyabagipemula yang belummemilikibanyakpengalamandenganbentuk-bentukkegiatanbaikteoridanpraktek di lapangan.

Berdasarkanhasiltersebut, penelitianinimerekomendasikanbahwalembagapendidikansetingkatuniversitasuntukmulaimenerapkanpembelajarankewirausahaan di setiapjurusan yang ada.Karenaakanmembantuterciptanyawirausahabarudarikalanganmahasiswa.