DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Leverage Perusahaan Terhadap Return Saham dan Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure (Studi Pada Perusahaan Yang Listing di LQ 45 Tahun 2015)

ratna tri hardaningtyas

Abstrak


ABSTRAK


Return saham merupakan hasil yang diperoleh dari investasi. Berbagai faktor dapat menyebabkan tinggi rendahnya suatu return saham antara lain profitablitas, kebijakan deviden, dan leverage perusahaan. Selain itu dari sisi kesehatan keuangan, perusahaan juga dituntut agar dapat memberikan kesejahteraan masyarakat sekitar di bidang sosial melalui pengungkapan tanggung jawab sosial yang dikenal dengan triple bottom line (profit, people, planet). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh profitablitas, kebijakan deviden, dan leverage terhadap return saham dan CSR Disclosure.

Berdasarkan jenisnya penelitian ini digolongkan pada penelitian asosiatif kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah perusahaan yang listing di LQ 45 Bursa Efek Indonesia pada tahun pengamatan 2015. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 32 perusahaan. Analisis data dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 jenis analisis, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik inferensial dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi berganda dengan uji residual dan menggunakan program SPSS (Statistic Program For Social Science) windows realese 16.0

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Profitabilitas berpengaruh langsung terhadap return saham dan Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, 2) Kebijakan Deviden berpengaruh langsung terhadap return saham dan Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, 3) Leverage tidak berpengaruh langsung terhadap Return saham, namun berpengaruh langsung terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure.

Berdasarkan hasil penelitian berikut rangkuman saran penelitian. Diharapkan perusahaan dapat meningkatkan nilai return saham melalui profitabilitas dengan cara menaikkan nilai EBIT dan nilai EAT. Selanjutnya peningkatan deviden melalui peningkatan Rapat Umum Pemegang Saham. Terakhir meningkatkan CSR Disclosure melalui pelaksanaan, pengungkapan, dan pelaporan kegiatan CSR perusahaan secara detail dalam laporan tahunan perusahaan. Hasil penelitian ini memberikan saran kepada investor di pasar modal untuk lebih memperhatikan lagi informasi-informasi dalam laporan tahunan perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan menambah periode pengamatan agar dapat memprediksi hasil penelitian dalam jangka panjang dan melihat tren hubungan antara return saham, profitabilitas, kebijakan deviden, leverage dan CSR disclosure.