DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK “LINGKUNGAN SAHABAT KITA” BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG

Efi Nilasari

Abstrak


ABSTRAK

Nilasari, Efi.2016.Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik “Lingkungan Sahabat Kita” Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 9 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof.Dr.Ery Tri D, M.A.,M.Si, (II) Prof. Dr. Anang Santoso, M. Pd.


Kata kunci: Modul pembelajaran tematik, Pembelajaran tematik, Pendekatan kontekstual

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas V SD Muhamammadiyah 9 Malang ditemukan permasalahan yang terjadi yakni, pembelajaran yang masih mengandalkan pada buku siswa sebagai sumber utama dalam kegiatan pembelajaran, ketergantungaan siswa terhadap guru masih tinggi dalam pembelajaran, guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan bahan ajar. Muatan materi yang belum mendekatkan siswa dengan lingkungan sekitarnya dan belum sesuai dengan tema yang terdapat pada buku siswa.

Solusi pemecahan masalah tersebut dengan mengembangkan modul pembelajaran tematik yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan.Penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik berbasis kontekstual yang valid, menarik, praktis dan efektif agar memudahkan serta membantu siswa dalam  menyelesaikan masalah yang terdapat di kelas V SD Muhammadiyah 9 Malang

Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model Borg and Gall. Adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut; (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan awal draft produk, (4) uji coba ahli, (5) uji coba skala kecil/terbatas, (6)revisi uji coba terbatas, (7) uji coba lapangan, (8) revisi uji coba lapangan, (9) merevisi produk akhir untuk disempurnakan, (10) diseminasi dan implementasi. Jenis data yang digunakan dalam  penelitian ini yaitu data kualitatif serta data kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari tanggapan, masukan dan saran perbaikan dari para ahli, guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari penghitungan skor angket validasi para ahli, skor angket tanggapan guru, skor angket tanggapan siswa, skor hasil belajar siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan diantaranya lembar validasi ahli, angket tanggapan siswa, angket tanggapan guru dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran dilihat dari seluruh aspek yang telah ditetapkan layak digunakan dengan perbaikan kecil. Hasil validasi ahli materi sebesar 80,8%, validasi ahli bahasa diperoleh hasil sebesar 89.58%, dan untuk perolehan dari validasi desain diperoleh sebesar 93,5% Tangapan siswa mencapai 89%, Tingkat keefektifan produk diperoleh dari dari hasil Uji-t. Uji-t yang dilakukan menunjukkan bahwa kelas ekperimen yang menggunakan modul pembelajaran tematik memiliki skor hasil belajar yang lebih tinggi dan berbeda secara signifikan dengan kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar yang terdapat di sekolah. Uji keefektifan d berdasarkan acuan KKM menunjukkan 96% siswa yang mencapai KKM, dapat dikatakan bahwa modul pembelajaran efektif digunakan.