DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Komunikasi Matematis Siswa Homeschooling Berkepribadian Introvert pada Materi OperasiIrisan dan Gabungan Dua Himpunan

Fitri Umardiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Umardiyah, Fitri. 2016. Komunikasi Matematis Siswa Homeschooling Berkepribadian Introvert pada Materi Operasi Irisan dan Gabungan Dua Himpunan. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika, Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Subanji, M.Si (II) Drs. Dwiyana, M.Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci: komunikasi matematis, homeschooling, introvert, materi operasi irisan dan gabungan dua himpunan

Komunikasi matematis merupakan hal yang sangat erat kaitannya dengan kepribadian karena kepribadian mempengaruhi cara orang berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi matematis siswa Homeschooling berkepribadian introvert pada materi operasi irisan dan gabungan dua himpunan. Pada materi operasi irisan dan gabungan dua himpunan, komunikasi matematis mencakup tiga indikator yaitu 1) menyatakan irisan dan gabungan menggunakan bahasa atau diagram atau simbol matematika, 2) menyatakan peritiwa sehari-hari yang berhubungan dengan irisan dan gabungan dua himpunan menggunakan bahasa atau diagram atau simbol matematika, 3) memberikan alasan dari jawaban yang telah dibuat.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam hal ini, peneliti sebagai instrumen utama. Subjek yang diteliti adalah siswa Homeschooling kelas VII yang berkepribadian introvert. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes kepribadian, observasi, tes tulis dan wawancara. Dalam penelitian ini, triangulasi metode dan sumber diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Berdasarkan hasil pemilihan subjek menggunakan tes kepribadian, terpilih lima siswa introvert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengungkapkan ide tentang konsep irisan dan gabungan dua himpunan menggunakan simbol/lambang matematika berupa Diagram Venn dan notasi pembentuk himpunan. Siswa menyatakan peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan irisan dan gabungan himpunan melalui diagram Venn. Siswa mengevaluasi jawaban dengan memberi alasan terhadap jawaban yang dibuat.

Siswa homeschooling berkepribadian introvert lebih banyak mengemukakan idenya melalui tulisan. Siswa butuh pancingan terus menerus agar bersedia mengungkapkan ide secara lisan. Hal ini dipengaruhi oleh kepribadian intorvert yang mereka miliki. Individu bertipe introvert membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengemukakan pemikirannya kepada orang lain. Siswa dapat menggambar diagram Venn dan membuat notasi pembentuk himpunan, namun kurang bisa menjelaskan maksud diagram Venn secara lisan dan kurang lancar dalam mebaca simbol pada notasi pembentuk himpunan. Siswa dapat memberikan jawaban dan alasan tertulis namun kurang bisa memberikan alasan secara lisan terhadap apa yang ia jawab.