DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di MI Miftahul Astar Bedug Kediri)

Jihan Filisyamala

Abstrak


ABSTRAK

 

Filisyamala, Jihan. 2016. Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di MI Miftahul Astar Bedug Kediri). Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., (2) Dr. M. Ramli, M.A.

 

Kata kunci : perhatian orang tua, kedisiplinan, siswa sekolah dasar.

Perilaku disiplin merupakan salah satu aspek yang penting untuk dibentuk dan dikembangkan dalam upaya menjadikan manusia yang berkepribadian baik. Salah satu peranan orang tua terhadap keberhasilan pendidikan siswa adalah dengan memberikan perhatian. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk kedisiplinan siswa MI Miftahul Astar Bedug Kediri di sekolah; (2) Mendeskripsikan bentuk perhatian yang diberikan orang tua dalam kedisiplinan siswa MI Miftahul Astar Bedug Kediri di rumah; dan (3) Mendeskripsikan relasi bentuk perhatian yang diberikan orang tua dengan bentuk kedisiplinan siswa MI Miftahul Astar Bedug Kediri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti di lapangan mutlak diperlukan karena peneliti berperan sebagai instrumen utama. Lokasi penelitian di MI Miftahul Astar Bedug Kediri. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi MI Miftahul Astar Bedug Kediri yang memiliki perilaku disiplin. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Dalam penelitian ini triangulasi sumber dan teknik diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara simultan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kedisiplinan siswa di sekolah yaitu: (1) taat terhadap tata tertib sekolah; (2) taat terhadap kegiatan belajar di kelas; dan (3) taat dalam belajar di rumah. Bentuk perhatian yang diberikan orang tua berusaha untuk mendisiplinkan siswa dan intensitas perhatian yang diberikan orang tua dalam kedisiplinan disesuaikan dengan perkembangan siswa. Relasi bentuk perhatian yang diberikan orang tua dengan bentuk kedisiplinan siswa di sekolah yaitu dengan perhatian orang tua, siswa terbiasa menaati peraturan di rumah, kebiasaan tersebut dibawa siswa ke sekolah dengan terbiasa berperilaku disiplin di sekolah.

Berdasarkan hal tersebut, disarankan agar orang tua meningkatkan perhatiannya terhadap kegiatan siswa di rumah maupun di sekolah dan menanamkan dasar-dasar perilaku disiplin sedini mungkin kepada siswa. Guru hendaknya meningkatkan hubungan dengan orang tua siswa agar dapat bertukar informasi tentang siswa. Terakhir, kepada peneliti diharapkan lebih mengungkapkan secara terperinci tentang perhatian orang tua yang diberikan kepada siswa dalam hal kedisiplinan dan memperluas penelitian tentang kelebihan siswa yang memiliki perilaku disiplin.