DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Menjadi Guru, Motivasi Berprestasi, dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang

Zakiyatul Lutfiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Lutfiyah, Zakiyatul. 2016. Pengaruh Minat Menjadi Guru, Motivasi Berprestasi, dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si, (II) Dr. Singgih Susilo, MS.

 

Kata kunci: Minat menjadi guru, motivasi berprestasi, kebiasaan belajar, prestasi belajar

Prestasi belajar merupakan hasil akhir yang dicapai oleh mahasiswa setelah melakukan usaha belajar yang dapat diukur melalui indeks prestasi kumulatif. Jika prestasi belajar yang diraih oleh mahasiswa tinggi, maka kualitas lulusan pun dapat dihandalkan. Minat menjadi guru, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar merupakan faktor intern yang mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisispengaruh minat menjadi guru, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Variabel bebas adalah minat menjadi guru, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar. Variabel terikat adalah prestasi belajar.Populassidalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2012 Universitas Negeri Malang. Instrumen penelitian berupa angket yang digunakan untuk memperoleh data minat menjadi guru, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar. Data prestasi belajar diperoleh dari indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Teknik analisis menggunakanregresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16,00 for windows.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) minat menjadi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar,2) motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, 3) kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, dan 4)minat menjadi guru, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa minat menjadi guru, motivasi berprestasi, kebiasaan belajar berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar. Saran yang dapat diberikanbagi para mahasiswa yakni lebih ditingkatkan minat terhadap profesi guru geografi, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar.Bagi penelitian selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan cakupan populasi yang luas seperti membandingkan kampus satu dan yang lainnya dengan kondisi latar yang berbeda.