DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IV, V, VI Gugus 2 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang)

Widya Novia Hedyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Hedyanti, Widya Novia. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Studi Pendidikan Dasar Guru Kelas, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si, (2) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si.

 

Kata Kunci: Pola Asuh, Motivasi, Prestasi Belajar.

Keluarga memiliki kontribusi yang sangat penting terhadap dunia pendidikan karena keluarga merupakan orang yang pertama dan utama dalam dunia pendidikan awal anak dan kelanjutan pendidikan anak. Pengasuhan yang tepat akan memberikan motivasi pada anak untuk mendapatkan prestasi belajar yang optimal, khususnya prestasi belajar dalam bidang IPS. Mata pelajaran IPS di Gugus 2 Kecamatan Ngantang merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai nilai yang rendah. Tahun 2013 nilai rata-rata pelajaran IPS adalah 70,95 sedangkan pada tahun 2014 menjadi 67,85 sehingga mengalami penurunan sebesar 4,2 % (sumber: data nilai IPS SDN Gugus 2 Kecamatan Ngantang). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar, 2) untuk mengetahui pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar, 3) untuk mengetahui pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, 4) untuk mengetahui pengaruh tidak langsung pola asuh orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar.

Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Sampel yang digunakan berjumlah 123 siswa di lima sekolah yang tergabung dalam Gugus 2 Kecamatan Ngantang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket sebagai instrumen dari variabel pola asuh orang tua dan motivasi belajar, sedangkan hasil belajar diambil dari nilai ulangan harian yang dirata-rata. Hasil dari angket akan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan alat bantu statistic SPSS for windows versi 23.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa; 2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar anak; 3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa; 4) Terdapat pengaruh tidak langsung antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar.

Berdasarkan kesimpulan dari kajian di atas, terdapat saran kepada guru yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPS sebaiknya menggunakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan serta guru harus lebih berperan aktif dalam memotivasi siswa agar siswa tidak merasa bosan. Sehingga prestasi belajar IPS siswa akan lebih optimal. Melalui kerja sama sekolah, orang tua sebaiknya meningkatkan perhatiannya dalam mengasuh putera-puterinya agar mereka semakin termotivasi untuk belajar dan pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar IPS.