DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Terintegrasi Pendidikan Karakter Berbasis Contextual Teaching and LearningPada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Angga Kisworo

Abstrak


ABSTRAK

 

Kisworo, Angga. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Terintegrasi Pendidikan Karakter  Berbasis Contextual Teaching and LearningPada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ery Tri Jatmika R.W.W, MA, M.Si. (II) Prof. Dr.H. Punadji Setyosari, M.Pd, M.Ed.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Karakter, Contextual Teaching and Learning.

Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran IPS kelas V di SD Karangondang Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul diperoleh informasi bahwa pembelajaran  masih berpusat pada guru. Aktivitas siswa masih tergolong rendah dan hasil belajar IPS siswa menunjukkan lebih dari 50% siswa tidak tuntas belajar. Pembelajaran IPS belum memunculkan nilai karakter karena dianggap nilai karakter ditanamkan pada pelajaran Agama dan PKn. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya memperbaiki kualitas pembelajaran. Perbaikan kualitas pembelajaran dilakukan dengan meningkatkan aktivitas belajar siswa dan miningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran terintegrasi pendidikan karakter berbasis CTL.

Pendekatan penelitian termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua sklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, observasi bersama tindakan, dan refleksi. Peneliti bertindak sebagai guru dan dibantu guru kelas V SD Karanggondang sebagai observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Karanggondang pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Cara pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dimulai reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I (51%) tergolong cukup, pada siklus II (71%) masuk kategori tinggi. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 61% siswa masuk dalam kategori tuntas belajar. Siklus II memperoleh hasil belajar sebesar 83% siswa tuntas belajar. Peningakatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah 22%. Ada peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar dari 22 siswa menjadi 30 siswa yang tuntas belajar.

Pembelajaran terintegrasi pendidikan karakter berbasis CTL dapat digunakan guru di sekolah lain sebagai alternatif pembelajaran yang memungkinkan peningkatan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar juga meningkat. Pembelajaran dapat diterapkan dilengkapi dengan penggunaan media yang cocok sehingga pembelajaran lebih optimal. Pembelajaran yang dilakukan sebaiknya memperhatikan karakteristik materi dan karakteristik siswa agar pembelajaran sesuai dengan perkembangan fisik maupun psikis siswa.