DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Pembelajaran IPS Berbasis Pendidikan Multikultural Tema Indahnya Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Tri Susilowati

Abstrak


ABSTRAK

 

Susilowati, T. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran IPS Berbasis Pendidikan Multikultural Tema Indahnya Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (II) Dr. Munzil, M.Si.

 

Kata Kunci: video, pembelajaran IPS, pendidikan multikultural

Pembelajaran IPS di kelas IV SD pada tema Indahnya Negeriku memiliki cakupan materi yang cukup luas dan sumber belajar yang digunakan hanya menggunakan buku teks sehingga pembelajaran pendidikan multikultural juga masih sebatas membaca buku teks dan menggunakan media gambar diam. Kelemahan dalam pembelajaran pendidikan multikultural ini karena kurang maksimalnya penggunaan media sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran IPS berbasis pendidikan multikultural tema Indahnya Negeriku untuk siswa kelas IV SD yang layak, baik dari aspek kevalidan, keefektifan, kemenarikan, dan keterterapan. Produk video pembelajaran yang dikembangkan dikemas dalam bentuk DVD pembelajaran yang disertai dengan buku petunjuk penggunaannya. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Lee & Owens (2004). Langkah-langkah model Lee & Owens yaitu, (1) analisis, yang terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis awal-akhir, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Produk video pembelajaran melalui tahap uji coba ahli/validasi ahli terlebih dahulu sebelum diuji cobakan ke lapangan.

Hasil rata-rata uji coba kevalidan dari ahli (ahli media dan materi) memperoleh tingkat pencapaian 90,80% dengan kategori sangat valid. Keefektifan produk dari aspek aktivitas siswa memperoleh pencapaian 88,93% dengan kategori sangat aktif, sedangkan dari hasil belajar siswa memperoleh pencapaian  82,05% dengan kategori sangat tuntas. Kemenarikan produk dari hasil analisis angket tanggapan siswa memperoleh pencapaian 96,29% dengan kategori sangat menarik. Keterterapan produk dari hasil analisis angket tanggapan guru memperoleh pencapaian 94,16% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelayakan dari berbagai aspek menunjukkan bahwa video pembelajaran IPS berbasis pendidikan multikultural sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-D SDN Kesatrian 1 Malang. Pendidikan multikultural mengajarkan tentang pendidikan nilai sehingga ketika menggunakan video pembelajaran ini sebaiknya guru tetap memegang peranan yang penting dalam menanamkan dan membiasakan siswa untuk dapat menghargai adanya keberagaman.