DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Group Investigation Berbasis Outdoor Study terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMA

Valeriana Rasweda S Perwitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Perwitasari, Valeriana Rasweda Shela. 2016. Pengaruh Model Group Investigation Berbasis Outdoor Study terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMA. Tesis, Pendidikan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd. (II) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd.

 

Kata Kunci:group investigation, outdoor study, berpikir analitis

Group Investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang berbasis konstruktivisme. Pembelajaran ini dapat menumbuhkan kemampuan berpikir analitis siswa. Group Investigation berbasis outdoor study melaksanakan investigasi di lapangan dengan wawancara dan observasi. Siswa diajak keluar kelas menuju lokasi obyek pengamatan dengan materi pengaruh atmosfer terhadap kehidupan di permukaan bumi. 

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan model Group Investigation berbasis outdoor study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa di SMA. Penelitian ini ialah penelitian eksperimen semu yang termasuk penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang dikembangkan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang dengan kelas eksperimen X-IIS.1 dan kelas kontrol X-IIS.2, masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Pengumpulan data dengan pemberian tes sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Analisis data dengan menggunakan gain score kemampuan berpikir analitis siswa dengan program SPSS 17.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Group Investigation berbasis outdoor study berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa di SMA Negeri 1 Lawang. Siswa dari kelas eksperimen memperlihatkan kegembiraan dalam partisipasi, kepercayaan diri dalam meraih tujuan yang pada mulanya telah mereka tentukan. Kepekaan sosial terlihat ketika mereka telah menyelesaikan tugas pribadinya kemudian tergerak untuk membantu tugas teman sekelompoknya menyelesaikan tugas demi kesuksesan kelompok.

Model pembelajaran Group Investigation berbasis outdoor study layak diterapkan pada pembelajaran geografi. Pembelajaran outdoor study hendaknya tidak hanya sekali waktu saja, tapi dengan beberapa kali pertemuan agar membantu siswa mengasah kemampuan berpikir analitis. Selain itu sasaran obyek/lokasi untuk outdoor study perlu diperhatikan apakah relevan dengan materi yang disampaikan.