DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Mata Pelajaran Tata Hidang Kelas X Paket Keahlian Jasa Boga Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Magetan

yuli astuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Astuti, Yuli. 2016. Pengembangan Buku Ajar Mata Pelajaran Tata Hidang Kelas X Paket Keahlian Jasa Boga Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Magetan. Tesis, Jurusan Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Ahmad Sonhadji KH, MA, Ph.D.; (II) Dr. H. Amat Nyoto, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan buku ajar, tata hidang, SMK, jasa boga

Buku ajar adalah bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan oleh siswa dalam proses belajar mengajar. Buku ajar memiliki peranan penting dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, terutama dalam menentukan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku ajar pada mata pelajaran tata hidang kelas X SMK di Kabupaten Magetan yang terdiri dari 3 KD yaitu, (1) Ruang lingkup pelayanan makanan dan minuman, (2) Mengoperasikan peralatan layanan makanan dan minuman, dan (3) menyediakan layanan makanan dan minuman di restoran. Penelitian ini mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK di Kabupaten Magetan. Bahan ajar yang ada di sekolah selama ini masih kurang maksimal pemanfaatannya dalam proses belajar mengajar, sehingga pengembangan bahan ajar ini dapat menambah alternatif siswa untuk belajar.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk. Tahapan 4D terdiri atas define, design, develop, dan disseminate. Penilaian produk dilakukan oleh dosen (ahli materi dan ahli media), guru bidang studi, guru Bahasa Indonesia dan siswa. Revisi tahap 1 mengacu pada hasil validasi oleh validator, sedangkan revisi tahap 2 dilakukan setelah dilakukan uji coba terbatas pada siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari penilaian validasi, hasil penilaian uji coba terbatas melalui angket, hasil uji coba lapangan melalui angket. Data kuantitatif diperoleh melalui tes berupa data hasil tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) dari uji coba lapangan. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) Ver.16 For Windows.

Hasil pengembangan menunjukkan bahwa secara keseluruhan penilaian tentang kelengkapan penyajian terhadap buku ajar hasil pengembangan berada pada kriteria “baik”, yang berarti buku ajar tidak perlu direvisi. Hal ini didukung pada hasil uji coba lapangan berdasarkan perhitungan menggunakan uji-t dari nilai pretest dan posttest siswa diperoleh nilai Sig. (2-tiled) atau p-value sebesar 0,000