DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Berbantuan Teknik Mind Map untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS (Studi pada Siswa Kelas V SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo)

Mizan Adhi Legowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Legowo, Mizan Adhi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Berbantuan Teknik Mind Map untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS (Studi pada Siswa Kelas V SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si., 2) Dra. Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph.D.

 

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), teknik mind map, aktivitas belajar, hasil belajar IPS.

Berdasarkan hasil observasi tanggal 25 September dan 2 Oktober 2015 di kelas V SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo, terungkap rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS. Data penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa sebesar 37,24% dan 37,93%. Aktivitas dominan adalah menggambar. Data hasil belajar menunjukkan ketuntasan belajar sebesar 27,59% dengan rata-rata nilai 69 dan 24,14% dengan rata-rata nilai 70. Hasil belajar di bawah KKM 75. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS dikarenakan pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) dan belum mewadahi karakteristik siswa yang gemar menggambar. Permasalahan diatasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan teknik mind map. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan teknik mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan bersama pengamatan, serta refleksi. PTK dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Penelitian dilaksanakan di SDN Pagerkukuh, Kabupaten Wonosobo, dengan subyek penelitian 29 siswa kelas V tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan teknik mind map, tes hasil belajar, produk mind map, catatan lapangan, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan: pertama, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan teknik mind map dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo; kedua hasil penelitian keaktifan siswa saat pembelajaran STAD menunjukkan peningkatan dari 78,39% dengan kriteria baik pada siklus I, menjadi 98,62% dengan kriteria sangat baik pada siklus II; ketiga hasil belajar menunjukkan peningkatan yaitu dengan rata-rata nilai 70,34 pada siklus I menjadi 95,71 pada siklus II. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 51,72% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.

Untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan teknik mind map, guru disarankan merancang kegiatan pembelajaran yang menekankan aktivitas belajar siswa dalam bentuk pembelajaran berkelompok dengan disisipi aktivitas merangkum materi dalam bentuk mind map.

 

ABSTRACT

 

Legowo, Mizan Adhi. 2016. Application of Cooperative Learning Model Student Teams Achievement Division Aided Mind Map Technique to Increase Activity and Learning Outcomes on Social Studies (Studies in Class V Elementary School of Pagerkukuh Wonosobo). Thesis. Basic Education Program. Postgraduate. Malang State University. Supervisor: 1) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si., 2) Dra. Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph. D.

 

Keywords: cooperative learning model Student Teams Achievement Division (STAD), mind map technique, activities learning, learning outcomes Social Studies.

Based observations on September 25 and October 2, 2015 on the class V Elementary School of Pagerkukuh Wonosobo, revealed low activity and learning outcomes Social Studies. Research showed students learning activities 37.24% and 37.93% with dominant activity of students is drawing. Result shows students learning outcomes learning completeness of 27.59% with average score 69 and 24.14% with average score 70. The results of study under 75. The low activity and learning outcomes Social Studies students because teacher center and didn’t accommodate the characteristics of the students that like drawing activities. Problems be solved by applying cooperative learning model Student Teams Achievement Division (STAD) aided mind map technique. The purpose of this study was to describe the implementation of cooperative learning model STAD aided mind map technique to increase activity and results of social studies class V Elementary School of Pagerkukuh Wonosobo.

This research is classroom action research, which includes the stages of planning, implementation joint observation, and reflection. Research conducted in two cycles, with each cycle was conducted in three meetings. This research was conducted on Elementary School of Pagerkukuh Wonosobo, with 29 research subjects fifth grade students in the academic year 2015/2016. The collection of data obtained from observation sheet activities of teachers and students in the implementation of cooperative learning model STAD aided mind map technique, test, mind map product, field notes, and documentation.

The result show first the implementation of cooperative learning model STAD aided mind map technique can increase activity and results of social studies class V Elementary School of Pagerkukuh Wonosobo; second results of the current student activity observation STAD showed increase of 78.39% with good criteria in the first cycle, be 98.62% with very good criteria in the second cycle; third cognitive test show that increase in the average value of 70.34 in the first cycle to 95.71 in the second cycle. Classical learning students showed increase of 51.72% in the first cycle to 100% in the second cycle.

To implement cooperative learning model STAD aided mind map technique, advised teachers to design learning activities that emphasize student learning activities in the form of group learning with inserted activities make summary of the material in the form of mind map.