DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran IPA di SD dalam Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya melalui Pembelajaran Inkuiri

haris suaidy

Abstrak


ABSTRAK

 

Suaidy, Haris. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran IPA di SD dalam Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya melalui Pembelajaran Inkuiri. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si; (II) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si

 

Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran Inkuiri

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan mengenai pembelajaran inkuiri dan peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar melalui pembelajaran inkuiri. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Pangarangan III Sumenep pada tahun akademik 2015/2016. Data tentang keterampilan proses sains siswa dikumpulkan melalui observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif siswa. Pada siklus pertama, keterampilan proses sains siswa mencapai 71,29% dan mengalami peningkatan siklus II mencapai 91,20%. Hasil belajar pada siklus pertama mencapai 74,21% dan mengalami peningkatan siklus II mencapai 81,15%.