DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smartphone Android untuk Menyimak Kritis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas VII SMP

henika ratna sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Henika Ratna. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Samrtphone Android Untuk Menyimak Kritis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas VII SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Suwignyo, M.Pd, (2) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd.

 

Kata Kunci: menyimak kritis, media pembelajaran, teks laporan hasil observasi

Multimedia interaktif berbasis smartphone android adalah media pembelajaran yang berbasis mobile. Media pembelajaran itu terkoneksi dengan internet pada perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan PDA sehingga pembelajaran dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun. Media menyimak kritis berbasis smartphone android yang dikembangkan dalam penelitian ini difungsikan untuk memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui kegiatan menyimak. Kegiatan ini tidaklah mudah karena informasi yang disampaikan berbentuk audio yang membutuhkan kemampuan indra pendengaran. Oleh karena itu, media ini dikemas dalam bentuk aplikasi dengan desain tampilan yang dibuat menarik dan latihan soal yang mengarah ke pemikiran kritis agar siswa dapat mudah menangkap informasi serta

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media interaktif pembelajaran untuk latihan menyimak kritis menangkap makna pada teks laporan hasil observasi yang layak dari segi isi, tampilan, aplikasi menu, dan mekanisme kerja. Selain itu, dihasilkan buku panduan pemanfaatan media yang layak untuk menunjang keberadaan media. Media menyimak berisi lima tampilan utama, yakni (1) sampul media, (2) sajian menu utama, (3) pengantar dan petunjuk penggunaan media, (4) KD, tujuan, materi beserta latihan soal dan refleksi, (5) profil pengembang.

Model desain penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari desain R2D2 dari Willis (1995) yang terdiri atas 3 fokus pengembangan, yakni (1) fokus pendefinisan, (2) fokus desain dan pengembangan, dan (3) diseminasi. Desain R2D2 dipilih karena bersifat rekursif, reflektif, nonlinear, dan kolaboratif.

Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis smartphone android untuk menyimak kritis teks LHO dapat diimplementasikan. Pada tahap uji coba produk multimedia interaktif berbasis smartphone android, terdapat lima apek utama yang dinilai oleh para ahli dan praktisi. Kelima aspek tersebut, yakni (1) aspek isi media memperoleh 80,56%, (2) aspek tampilan memperoleh nilai 80%, (3) aspek aplikasi menu memperoleh nilai 75%, (4) aspek mekanisme kerja memperoleh nilai 87,5%, dan (5) penyajian buku petunjuk memperoleh nilai 90%. Berdasarkan hasil uji lapangan media pembelajaran ini memperoleh nilai sebesar 84,47% dari siswa kelas VII SMPN 23 Malang.

Dari hasil statistik uji efektivitas produk multimedia interaktif berbasis smartphone android untuk menyimak kritis, dapat diketahui bahwa siswa mampu mendapatkan hasil lebih baik setelah menggunakan media pembelajaran. Hal tersebut tampak pada jumlah rata-rata pretes sebesar 74,05, sedagkan nilai rata-rata postes sebesar 81,86. Nilai signifikansinya sebesar 0,014, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai menyimak kritis teks LHO sebelum dan sesudah perlakuan karena P