DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Model Solusi dan Panduan Pembelajaran Transformatif untuk Program Parenting Education (Penelitian Pengembangan di Gugus PAUD II Lowokwaru dan Gugus VI Klojen Kabupaten Malang

Rona Fitria Kristiani

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriakristiani, Rona. 2016. Model Solusi dan Buku Panduan Pembelajaran Transformatif untuk Program Parenting Education. Tesis. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Pascasarjana Universitas  Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.Si., (II) Dr. Sanafiah Faisal

 

Kata kunci:Model Solusi, Pembelajaran Transformatif, Parenting Education.

Parenting education merupakan kegiatan yang penting untuk mendukung pengasuhan anak di dalam lingkungan keluarga, namun saat ini banyak sekali orangtua yang memiliki mindset bahwa program parenting education merupakan program yang tidak penting untuk dihadiri.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah model solusi dan panduan pembelajaran yang layak digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran transformatif untuk program parenting education. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan model dengan tahap penelitian (1)penelitian pendahuluan; (2) perencanaan dan Pengembangan Produk; (3)validasi ahli dan revisi; (4)uji validasi pengguna lapangan terbatas dan revisi; (5)uji lapangan luas dan revisi: (6)pelaporan. Uji lapangan terbatas adalah Pendidik dan Pengelola di Gugus PAUD II Kecamatan Lowokwaru dan Uji lapangan luas adalah Pendidik dan Pengelola di Gugus PAUD VI Kecamatan Klojen.Uji coba lapangan terbatas dan luas dilakukan untuk melihat tingkat validitas dan keefektifan produk. Uji produk dilaksanakan sekali oleh ahli bidang PLS dan ahli media, dan uji lapangan berupa validasi pengguna dan beberapa kali uji coba produk untuk memberikan penilaian terhadap model solusi dan panduan pembelajaran transformatif.

Hasil dari penelitian ini adalah model solusi dan panduan pembelajaran transformatif untuk program parenting education denganmenggunakan model PPA (Participatory Parenting Appraisal) yang berpusat pada partisipan, berbasis masalah, penggalian permasalahan hingga keakarnya, pelibatan proses saling berbagi, pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan pengalaman, serta pendidik berperan sebagai fasilitator. Kegiatan dalam model PPA, yaitu: (1) diskusi kelompok kecil, (2)diskusi kelompok besar, (3)konsultasi individual.

Hasil pengembangan model PPA berdasarkan  tanggapan dari ahli bidang Pendidikan Luar Sekolah masing-masing sebesar 75% dengan interpretasi cukup layak digunakan, sedangkan ahli media pembelajaran  sebesar 82,1% denga interpretasi efektif digunakan, sedangkan salah satu ahli media memberikan sebesar 67,9% yakni dapat diinterpretasikan cukup efektif digunakan. Sedangkan perolehan prosentase dari pendidik dan orangtua masing-masing sebesar 79,8% dan 83,33% yang dapat dikategorikan bahwa model efektif digunakan.

Hasil ujicoba lapangan menggambarkan bahwa orangtua mulai menyadari kesalahannya serta mindset mereka mulai berubah dalam menilai program parenting education, orangtua juga mulai menyadadari bahwa dalam memberikan pengasuhan anak, mereka perlu mengikuti kegiatan parenting yang dilaksanakan di lembaga pendidikan anak usia dini. Saran pemanfaatan dari model solusi dan panduan pembelajaran tersebut, diharapkan pendidik benar-benar memahami perannya sebagai fasilitator dalam pelaksanaan kegiatan parenting education, sehingga akan tercapai tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan model.

 

ABSTRACT

 

Fitriakristiani, Rona. 2016. The Model Solution and Transformative Learning Guide to Parenting Education Program. Thesis. Out of School Education Graduate Program.. Supervisor: (I) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M. Si., (II) Dr. Sanafiah Faisal

 

Keywords: Model Solutions, Transformative Learning, Parenting Education.

Parenting education is an important activity to support childcare within the family environment, but an awful lot of parents who have a mindset that parenting education program is is not essentialprogram that to attended.

This research aims to produce a model solution and a decent learning guide is used to meet the needs of transformative learning for parenting education program.

This research includes research of development model with a research phase (1) preliminary studies; (2) planning and product development; (3) expert validation and revision; (4) test validation the user field is limited and revision; (5) the extensive field test and revision: (6) reporting. Limited field test is to educators and managers in the cluster of PAUD II  Lowokwaru and ewide field test was the educator and managers in the cluster of PAUDVI Klojen. Limited and widely field trials are carried out to look at the level of the validity and effectiveness of the product. Product test was carried out by PLS and media expert, field test in the form of user validation and testing of the product several times to provide assessment of the model of transformative learning solutions and guidelines.

The results of this research is the model solution and transformative learning guide for parenting education programs by using the model of the PPA (Participatory Parenting Preselection) participant-centered, problem-based, nain excavations up to root, the involvement process of sharing, of learning based on the needs and experience, as well as the educator role as facilitator. Activities in the PPA model, namely: (1) small group discussion, (2) large group discussion, individual consultation (3).

The results of the development model of the PPA based on responses from PLS experts each of 75% with interpretation  isjust decent used, while the learning media expert of 82.1% with interpretation is effective used, while one of the media experts give 67.9%  can be interpreted quite effective used. While the percentage of earnings of educators and parents each of 79.8% and 83.33% which can be categorized that model effective use.

Field trial results illustrate that parents are starting to realize his mistakes as well as their mindset began to waver in assessing parenting education program, parents also started aware to providing childcare, they need to follow the activities of parenting that were held at the Institute of early childhood education. Suggestions on utilization of the model solution and guide the learning expected of educators really understand its role as facilitator in the implementation of the activities of parenting education, so that the expected goal will be achieved from the implementation of the model.