DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang

Yolanda Dona. Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Yolanda Dona. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi, Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dra.Wasiti, S.Sos.,M.Si., (II) Drs. I Nyoman Suputra, M.Si.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Fasilitas dan Prestasi Belajar Siswa

Motivasi belajar dan kondisi fasilitas belajar bersifat dinamis, masing-masing saling mendukung dalam hal perubahan positif (atau negatif) dalam diri siswa. Siswa yang memiliki motivasi belajar baik cenderung dengan kondisi fasilitas belajar yang baik ehingga siswa akan menyelesaikan tugas sekolah dengan rasa senang dan ketertarikan dalam tugas tersebut sehingga akan mendorong siswa untuk bersungguh-sungguh atau termotivasi dalam mengerjakan tugas tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa dan kondisi fasilitas belajar di sekolah pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X di SMK PGRI 6 Malang. (2) Mengetahui adakah pengaruh positif secara signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang. (3) Mengetahui adakah pengaruh kondisi fasilitas belajar di sekolah secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata Otomatisasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang. (4) Mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar siswa dan kondisi fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan  kuantitatif dan deskriptif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang memiliki motivasi belajar yang baik (4,03), memiliki kondisi fasilitas belajar yang baik (3,86) memiliki prestasi belajar mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran adalah baik. Hal ini dapat dilihat bahwa rentang nilai hasil belajar responden adalah 85-100, dan memiliki rata-rata kemampuan belajar yang tergolong baik karena jumlah siswa yang telah tuntas KKM lebih banyak dari pada siswa yang belum tuntas KKM; (2) motivasi belajar siswa berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang ; (3) kondisi fasilitas belajar siswa berpengaruh positif yang signifikan erhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang : (4) motivasi belajar dan kondisi fasilitas belajar siswa berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang.

Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan (1) Bagi Kepala SMK PGRI 6 Malang agar memberikan perintah kepada seluruh guru SMK PGRI 6 Malang agar lebih memperhatikan siswanya dalam belajar supaya siswa mendapat hasil belajar dengan baik; (2) Bagi guru lebih memperhatikan seluruh siswa agar bersungguh-sungguh dalam belajar serta selalu memberikan masukan kepada siswa agar siswa selalu bersemangat ketika belajar walaupun tidak ada ulangan atau tugas serta memberikan arahan agar siswa dapat memanfaatkan waktu luang, (3) Bagi siswa sebaiknya lebih bersungguh-sungguh dalam belajar, meskipun tidak ada ulangan atau tugas sebaiknya siswa tetap belajar dan memanfaatkan waktu luang, (4) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik melanjutkan penelitian ini, sebaiknya meneliti dengan menggunakan populasi yang lebih luas, atau kompetensi keahlian yang berbeda serta dapat menambahkan variabel lain karena masih banyak faktor lain yang berperan dalam pencapaian hasil belajar siswa.