DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar yang Menyenangkan, Edukatif dan Inovatif Berbasis Kontekstual Berbantuan Teka-teki Silang Pada Kompetensi Dasar Proses Perencanaan Strategi Produk Baru

Fitrita Rahma Ulum

Abstrak


ABSTRAK

 

Ulum, Fitrita Rahma. 2016. Pengembangan Bahan Ajar yang Menyenangkan, Edukatif dan Inovatif Berbasis Kontekstual Berbantuan Teka-teki Silang Pada Kompetensi Dasar Proses Perencanaan Strategi Produk Baru. Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mohammad Hari, M.Si., (2) Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, berbasis Kontekstual, berbantuan Teka-teki Silang.

Bahan ajar merupakan bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran baik bentuk cetak maupun non cetak yang memuat materi sehingga dapat membantu guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK PGRI 2 Malang, masalah yang timbul adalah belum tersedianya bahan ajar berbasis kontekstual dan yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas X jurusan Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Bahan Ajar yang menyenangkan, edukatif dan inovatif berbasis kontekstual pada kompetensi dasar proses perencanaan strategi produk baru untuk siswa kelas X jurusan pemasaran di SMK PGRI 2 Malang dan untuk mengetahui efektifitas kelayakan bahan ajar yang dikembangkan.

Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi melalui 9 tahap, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) Pengembangan format produk awal, (4) Validasi Produk, (5) Revisi hasil validasi produk, (6) Uji coba Lapangan Terbatas, (7) Revisi hasil uji coba Lapangan Terbatas, (8) Uji coba lapangan, (9) Revisi hasil uji coba lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang diisi oleh 1 orang ahli desain bahan ajar, 2 orang ahli materi, 10 siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang sebagai uji coba pengguna terbatas, dan 40 siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang sebagai uji coba lapangan.

Hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi berupa uji kelayakan dan dan berdasarkan hasil respon siswa untuk mengetahui efektifitas kelayakan bahan ajar. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa ahli materi memberikan penilaian 97,06% terhadap buku siswa dan 94,44% terhadap buku pedoman guru dan ahli desain bahan ajar memberikan penilaian sebesar 98,21% terhadap buku siswa dan 99,03% terhadap buku pedoman guru. Sedangkan hasil respon siswa dari uji coba pengguna terbatas memperoleh persentase sebesar 81,84% serta hasil respon siswa dari uji coba lapangan memperoleh persentase sebesar 77%. Dengan demikian bahan ajar yang menyenangkan, edukatif dan inovatif berbasis kontekstual berbantuan teka-teki silang pada kompetensi dasar proses perencanaan strategi produk baru dinyatakan valid atau layak digunakan untuk mendukung pembelajaran siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang.

Saran peneliti adalah pengembangan produk yang akan datang dapat mengembangkan bahan ajar yang tervalidasi oleh pakar sesuai bidang pengembangan, penambahan contoh soal atau kuis yang bervariasi.