DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Malang.

Agustin Dwi Surya Dini

Abstrak


ABSTRAK

 

Dini, Agustin Dwi Surya. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)  Drs. Mohammad. Hari, M.Si, (II) Drs. H. Moh. Arief, M.Si

 

Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, Kinerja Karyawan.

Kinerja karyawan merupakan suatu hal yang penting dalam pencapaian tujuan suatu organisasi atau perusahaan. Kinerja merupakan perwujudan perilaku kerja seorang karyawan yang ditampilkan sebagai prestasi kerja sesuai dengan perannya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja adalah lingkungan kerja. Lingkungan kerja meliputi lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan kerja yang meliputi lingkungan kerja fisik, dan lingkungan kerja non fisik serta kinerja karyawan PDAM Tirta Dharma Kabupaten Malang dan menjelaskan pengaruh lingkungan kerja yang terdiri dari lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan PDAM Tirta Dharma Kabupaten Malang secara parsial dan simultan.

Jenis penelitian ini adalah Explanatory research dan deskriptif dengan dua variabel bebas lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik dan kinerja karyawan sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang yang tersebar dalam 10 bagian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data diperoleh melalui penyebaran kuisioner yang diisi oleh responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian dapat diketahui kondisi lingkungan kerja fisik, lingkungan kerja non fisik di PDAM Tirta Dharma dalam kategori baik, dan kondisi kinerja karyawan dalam kategori tinggi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik secara parsial terhadap kinerja karyawan, dan secara simultan terdapat pengaruh lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan.

Saran yang diberikan sebagai berikut: 1) Bagi Perusahaan, karena keseluruhan kondisi lingkungan kerja dalam kategori baik maka diharapkan perusahaan dapat mempertahankan kondisi lingkungan kerja serta meningkatkan kondisi lingkungan kerja di PDAM Tirta Dharma Kabupaten Malang. 2) Bagi Peneliti Selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain yang dapat mempengaruhi kinerja, sehingga penelitian menjadi berbeda dan lebih menarik untuk diteliti.