DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Critical Thinking Pada Materi Pelestraian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

eka puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Eka. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Critical Thinking pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (2) Dr. Ach Amirudin, M.Pd.

 

Kata Kunci: bahan ajar, critical thinking, lingkungan hidup

Bahan ajar memegang peranan penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran dalam membantu siswa mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti terhadap penggunaan bahan ajar khususnya di SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 3 Lumajang menunjukkan bahwa buku yang paling banyak digunakan adalah buku Erlangga. Analisis awal terhadap buku masih terdapat beberapa bagian bahan ajar yang belum sesuai dengan Kompetensi Dasar.

Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu dikembangkan bahan ajar yang sesuai dengan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013. Salah satu komponen dalam Kurikulum 2013 adalah mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat (Permendikbud, 2013). Berpikir kritis dapat diperoleh melalui bahan ajar yang mencakup generalisasi, konsep, fakta, fenomena, dan contoh permasalahan terbaru di lingkungan sekitar siswa. Di dalam bahan ajar perlu disertakan pula pertanyaan-pertanyaan pada ranah C4-C6 menurut Taksonomi Bloom agar kemampuan critical thinking siswa dapat tercapai. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Geografi berbasis critical thinking pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan.

Pengembangan produk bahan ajar berbasis critical thinking yang dikembangkan merujuk pada Educational of National Geography.  Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model Borg & Gall. Prosedur penelitian yang terdiri dari sepuluh tahapan dimodifikasi menjadi tujuh tahapan. Tahapan uji coba produk hanya dilakukan satu kali dan produk tidak disebarluaskan untuk semua sekolah di Kabupaten Lumajang. Produk bahan ajar divalidasi oleh ahli materi, desain pembelajaran, bahasa, dan guru. Selanjutnya diujicobakan dalam kelompok kecil sebanyak 10 siswa. Data hasil validasi ahli dan uji coba berupa penilaian, saran, dan tanggapan digunakan sebagai dasar dalam merevisi produk. 

Hasil uji coba produk berupa bahan ajar berbasis critical thinking menunjukkan bahwa layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Beberapa saran pemanfaatan yang ditawarkan yaitu pertama, bahan ajar dapat mempermudah siswa dalam memahami materi. Kedua, bahan ajar yang bersifat kontekstual ditambah dengan artikel serta soal evaluasi akan menumbuhkan kemampuan critical thinking sesuai dengan tujuan pada Kurikulum 2013. Ketiga, bahan ajar bermanfaat sebagai salah satu sumber belajar yang dapat membantu guru dalam menumbuhkan kemampuan critical thinking siswa. Selanjutnya saran pengembangan lebih lanjut yaitu diperlukan penelitian untuk menghasilkan bahan ajar dengan kajian materi yang lebih lengkap dan luas.

 

ABSTRACT

 

Puspitasari, Eka. 2016. The Development of Teaching Material Based on Critical Thinking of Environment and Sustainable Development. Thesis, Geography Education Departement, Postgraduate Universitas Negeri Malang. Supervisors: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (2) Dr. Ach Amirudin, M.Pd.

 

Key Words: teaching materials, critical thinking, environment

Teaching materials hold an important role as one of the components of learning system to help the students reach the standard competence and basic competence. A preliminary study by researchers was using the material, especially in SMAN 1, SMAN 2, and SMAN 3 Lumajang, showed that the most commonly used was Erlangga. The first analysis of this book there were some parts of material which are not based on the basic competence.

Based on the condition, it needs to be developed by the material which appropriate with 2013 curriculum. One of the 2013 curriculum is to develop a creativity, curiosity, and the ability to formulate the questions to thinking critically need to live smart and learn all the time (Permendikbud, 2013). Thinking critically can be obtained with the material based on Geography critical thinking to the preservation of the environment and sustainable development.

The development product of teaching material based on critical thinking which development model was adopted Borg and Gall. The procedure of this research were consisting of the ten stage modified to seven stage. This product trial was only once and this product was encourage to all the school in Lumajang. The material validated by the matter, design learning, language, and the teacher. Then, it was tried in the small group as many as 10 students. The data validation expert and the trial of judgment, advice, and responses used a basic to revise the products.

The result of this product in teaching material based on critical thinking shows that deserve to be used in teaching learning. Some of suggestions the first offered, teaching materials to make the students easy to understanding the materials. Second, teaching materials are contextual with add the article about the evolution questions and will raise the ability of critical thinking which appropriate with the 4im of 2013 curriculum. The third teaching materials beneficial as one of the learning sources which can help the teacher to raise the ability of critical thinking to the students. Then, the advice of development research is needed to produce the material with study material that is more complete and comprehensive.