DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Malang

rita ika budiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Budiana, Rita Ika. 2016. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Asset Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Moh. Hari, M.Si  (II) Elfia Nora, S.E., M.Si.

 

Kata Kunci : Motivasi, Disiplin Kerja, dan Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Asset Kabupaten Malang.

Aktivitas didalam organisasi dalam mencapai tujuan bukan hanya teergantung keunggulan teknologi, dana operasi yang tersedia, melainkan juga tergantung pada aspek sumber daya manusia. Seperti diketahui manusia merupakan sumber daya penggerak tujuan suatu organisasi dan paling banyak berperan dalam menentukan  berhasil atau tidaknya tujuan oganisasi tersebut. Maka dari itu, dibutuhkan manusia-manusia handal yang berpengetahuan dan berketerampilan tinggi serta usaha untuk mengelola organisasi seoptimal mungkin sehingga kinerja pegawai meningkat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi motivasi, disiplin kerja, dan kinerja pegawai DPPKA serta mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai.

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan teknik analisis regresi berganda untuk mengukur variabel bebas  motivasi (X1) dan disiplin kerja (X2) terhadap variabel terikat kinerja (Y). Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 88 pegawai dan menggunakan rumus slovin untuk mengukur sampel sebanyak 72 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan motivasi pegawai DPPKA sudah tinggi. Hal ini dapat dilihat pada kemudahan kebijakan yang diterapkan DPPKA, hubungan yang baik dengan atasan maupun rekan kerja, serta gaji yang diberikan sesuai dengan pekerjaan  yang dilakukan pegawai tersebut. Disiplin kerja pegawai DPPKA juga sudah tinggi. Pegawai selalu mengikuti apel pagi dan melakukan pelayanan yang ramah dan sopan kepada masyarakat. Kondisi kinerja pegawai DPPKA tinggi. Pegwai selalu berhati-hati untuk meminimalisisr kesalahan dalam hasil kerja dan juga bekerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Selanjutnya terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai DPPKA .

Saran yang diberikan untuk manajemen DPPKA Kabupaten Malang diharapkan dapat terus memperhatikan motivasi pegawai dalam hal pengawasan. Pengawasan bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung dan juga mengatur tata ruang agar kelihatan  lebih luas agar pegawai merasa lebih nyaman serta atasan seharusnya sering memberi pujian kepada pegawai agar pegawai tersebut merasa diakui di instansi. Selain itu untuk pegawai yang kurang disiplin seharusnya ditindak tegas seperti diberikan SP agar pegawai mendapat efek jera.