DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektfitas dari Umpan Balik Tertulis dari Guru Beserta Konferensi pada Kemampuan Menulis Siswa

Ahmad Faiz

Abstrak


ABSTRAK

 

Faiz, Ahmad. 2016. Efektfitas dari Umpan Balik Tertulis dari Guru Beserta Konferensi pada Kemampuan Menulis Siswa. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Nur Mukminatien, M.Pd. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati, M.A.

 

Kata kunci: umpan balik tertulis dari guru, konferensi, kemampuan menulis

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas dari umpan balik tertulis dari guru beserta konferensi pada kemampuan menulis siswa. Untuk mengetahui keefektifan dari umpan balik tertulis yang diberikan oleh guru beserta konferensi, peneliti membentuk dua kelompok. Kelompok pertama diajar dengan diberikan umpan balik tertulis dari guru beserta konferensi dan kelompok lainnya diajar dengan hanya diberikan umpan balik dari guru.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian semi eksperimen dengan memberikan tes awal dan tes akhir dengan pengambilan kelompok secara tidak acak. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 4, yang terdiri dari 34 siswa, sebagai kelompok eksperimen 1, dan kelas X MIPA 3, yang juga terdiri dari 34 siswa, sebagai kelompok eksperimen 2. Kedua kelompok tersebut berasal dari SMA Negeri 4 Jember pada semester kedua (genap) di tahun akademik 2014/2015. Nilai menulis siswa diperoleh dari dua tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Selanjutnya, sebuah tes statistik parametrik (the independent-samples t-test) digunakan untuk analisis data.

Dari penelitian, didapat beberapa temuan. Berdasarkan nilai menulis secara keseluruhan, siswa yang diajar dengan diberikan umpan balik tertulis dari guru beserta konferensi tidak berbeda signifikan secara statistik dengan siswa yang diajar dengan hanya diberikan umpan balik tertulis dari guru (p = .146). Selanjutnya, berdasarkan nilai menulis dari masing-masing aspek tulisan, juga tidak ada perbedaan signifikan secara statistik diantara siswa yang diajar dengan diberikan umpan balik tertulis dari guru beserta konferensi dengan siswa yang diajar dengan hanya diberikan umpan tertulis dari guru saja. Nilai p untuk aspek isi tulisan adalah (p = .372), aspek organisasi di tulisan siswa (p = .082), aspek perbendaharaan kata di tulisan siswa (p = .285), aspek penggunaan bahasa di tulisan siswa (p = .363), dan aspek mekanika tulisan (p = .055).

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran. Bagi parea peneliti selanjutnya, disarankan untuk memperbanyak jumlah pertemuan tatap muka dengan para siswa dalam memberikan perlakuan. Penelitian ini berlangsung selama satu setengah bulan, yang mana waktu tersebut masih belum cukup, sehingga tes signifikansi tidak bisa melihat adanya perbedaan pada dua perlakuan. Juga, para peneliti dianjurkan untuk meneliti topik ini dikarenakan penelitian pada topik ini masih menghasilkan hasil yang berbeda antar satu penelitian dan penelitian lainnya. Sebagai tambahan, penelitian dalam jangka waktu lama (penelitian longitudinal) pada topik ini masih sangat sedikit.