DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Berbasis Penelitian Fitoremediasi untuk Menunjang Keterampilan Ilmiah, Sikap Peduli Lingkungan dan Motivasi Mahasiswa pada Matakuliah Dasar-dasar Ilmu Lingkungan

Dyah Afiat Mardikaningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardikaningtyas, Dyah Afiat. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Berbasis Penelitian Fitoremediasi untuk Menunjang Keterampilan Ilmiah, Sikap Peduli Lingkungan dan Motivasi Mahasiswa pada Matakuliah Dasar-dasar Ilmu Lingkungan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ibrohim, M.Si., (II) Dr. Endang Suarsini, M.Ked.

 

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, pencemaran lingkungan, keterampilan ilmiah, motivasi, sikap peduli lingkungan

Pendidikan lingkungan, menjadi salah satu pendidikan yang sangat penting untuk dilaksanakan mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Sebagai pengaplikasian pendidikan sains yang berorientasi pada wujud peduli lingkungan, maka mahasiswa diajarkan untuk mengalami proses belajar untuk memperoleh pengetahuan sekaligus dapat memiliki sikap peduli lingkungan dalam dirinya. Sesuai dengan deskripsi matakuliah yang terdapat dalam Katalog Jurusan Biologi FMIPA UM, matakuliah Dasar-dasar Ilmu Lingkungan mengkaji tentang lingkungan beserta permasalahannya, salah satunya adalah masalah pencemaran lingkungan. Berdasarkan analisis kebutuhan mahasiswa, maka dikembangkan pembelajaran untuk materi pencemaran lingkungan berbasis penelitian fitoremediasi. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualifikasi valid, praktis serta efektif sehingga dapat diaplikasikan dan menunjang keterampilan ilmiah, motivasi serta sikap peduli lingkungan mahasiswa agar mereka ikut berkontribusi menjaga lingkungan alam sekitar dan berupaya memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Hasil dari penelitian ini berupa produk perangkat pembelajaran pencemaran lingkungan berbasis penelitian fitoremediasi yang diharapkan berkualifikasi valid, praktis dan efektif. Data validitas perangkat pembelajaran meliputi validitas isi dan empiris, diperoleh dari proses uji validasi menggunakan lembar validasi yang dinilai oleh validator. Tingkat validitas perangkat pembelajaran pada bagian Rencana Perkuliahan Semester (RPS) adalah 93,06%, bagian Satuan Acara Perkuliahan (SAP) adalah 92,97%, validitas bagian handout dari aspek kelayakan isi materi mencapai 96,71%, validitas perangkat dari aspek sajian atau tampilan mencapai tingkat validitas 80,77%, secara umum perangkat dikategorikan valid dan layak untuk diimplementasikan. Kepraktisan perangkat diperoleh dari hasil pengisian angket keterbacaan yang telah diisi oleh mahasiswa. Hasil uji kepraktisan menunjukkan nilai 100% pada aspek kelengkapan isi dan 87,47% dalam aspek keterbacaan dan kepraktisan. Perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis apabila mudah digunakan dan diaplikasikan bagi mereka yang menggunakan. Keefektifan perangkat dapat dilihat dari hasil yang diinginkan melalui penggunaan produk pengembangan pembelajaran. Hasil keefektifan perangkat pembelajaran menunjukkan hasil yang efektif tinggi, dibuktikan dengan skor keterampilan ilmiah mahasiswa tergolong sangat baik, sikap peduli lingkungan tinggi dan motivasi belajar mahasiswa tinggi.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang dikembangkan, telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, sehingga perangkat pembelajaran untuk materi pencemaran lingkungan berbasis penelitian fitoremediasi dapat diimplementasikan kepada mahasiswa yang menempuh matakuliah Dasar-dasar Ilmu Lingkungan.