DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGINDERAAN JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI MAN 1 MALANG

Fitria Hanim

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanim, Fitria. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh terhadap Hasil Belajar Siswa MAN I Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (2) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd.

 

Kata Kunci:  Multimedia, Penginderaan Jauh, Hasil Belajar

Multimedia pembelajaran interaktif penginderaan jauh yang dikembangkan oleh Wahyudi merupakan produk jadi berupa aplikasi multimedia pembelajaran, yang memadukan kemampuan berbagai media seperti teks, audio, video, citra, dan animasi gerak yang bersifat interaktif dengan materi penginderaan jauh untuk SMA kelas XII. Pada pembelajaran ini peserta didik berinteraksi dengan informasi dan bisa merasakan simulasi lingkungan dan peristiwa yang tidak mereka dapatkan di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran interaktif penginderaan jauh terhadap hasil belajar siswa di MAN I Malang.

Penelitian menggunakan eksperimen quasi dengan menggunakan non equivalent control group design, hanya pada desain ini kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Sampel penelitian  adalah seluruh siswa kelas XII IPS MAN I Malang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilhan ganda dengan 30 soal. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows dan Cohen’sd Calculator Online untuk keefektifan penggunaan multimedia dalam pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran interaktif penginderaan jauh berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis dengan uji t, dimana hasil yang diperoleh pada kelas eksperimen, diperoleh mean 74,24 dengan standar deviasi 7,267 lebih besar daripada kelas kontrol yang memiliki mean 60,21 dengan standar deviasi 9,955. Hasil gain score menunjukkan selisih antara nilai pretes dan postes didapatkan pada kelas ekperimen dengan hasil rata-rata gain score yaitu = 0,7 yang masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan pada perhitungan Cohen’sd calculator online dihasilkan 1,610 dimana dianggap sebagai ukuran efek yang relatif besar, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan multimedia pembelajaran interaktif penginderaan jauh terhadap hasil belajar di MAN I Malang.

Bagi guru disarankan dalam penggunaan multimedia penginderaan jauh ini, materi-materi yang disajikan secara umum sudah memenuhi tujuan-tujuan pembelajaran yang diharapkan. Meskipun demikian, siswa menginginkan penjelasan yang lebih interaktif dan memuat contoh-contoh riil yang lebih banyak terkait dengan materi yang dibahas. Multimedia penginderaan jauh ini sangat mudah dioperasikan, disarankan juga siswa harus tetap diperhatikan selama proses pembelajaran sehingga tidak membuka aplikasi lain yang tidak berkaitan dengan materi pelajaran.