DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LATAR BELAKANG TINGKAT PENDIDIKANORANGTUA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SDN KELAS IV KECAMATAN SANANWETAN KOTA BLITAR

TETY NUR CHOLIFAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Cholifah, T.N. 2016. Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua danGaya belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada SDN Kelas IVKecamatan Sananwetan Kota Blitar. Tesis. Program Studi PendidiksnDasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd (2) Prof. Dr. Sugeng Utaya,M.Si.

 

Kata Kunci : Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua, Gaya Belajar, HasilBelajar.

Hasil belajar dapat meningkat jika orangtua dapat membimbing anaknyabelajar sesuai dengan karakteristik belajar siswa dan siswa dapat mengetahui gayabelajar dengan memilih cara belajar yang cocok bagi dirinya. Orangtua yangberpendidikan tinggi dapat membimbing anaknya dalam belajar. Latar belakangtingkat pendidikan orangtua yaitu tingkat pendidikan terakhir yang ditembuh olehseorang ibu, semakin tinggi pendidikan ibu maka akan mudah dapat mengarahkananaknya dalam belajar dan juga dapat mengarahkan anak belajar sesuai dengangaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Gaya belajar merupakan cara belajar yangtermudah dan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuanpembelajaran yang telah direncanakan. Tujuan penelian ini untuk mengetahuiseberapa besar pengaruh: (1) latar belakang tingkat pendidikan orangtua terhadaphasil belajar siswa; (2) gaya belajar terhadap hasil belajar siswa; (3) latar belakangtingkat pendidikan orangtua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa.

Penelian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Populasipenelitian ini siswa pada SDN Kelas IV Kecamatan Sananwetan Kota Blitarsebanyak 724 siswa, dan sampel 251 siswa yang ditentukan dengan penarikansampel secara acak proporsional sesuai dengan strata (proportionate stratifiedrandom sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumendan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisisregresi berganda yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkanuntuk menguji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik regresi dankeseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS 23.0.

Hasil penelitian menunjukkan latar belakang tingkat pendidikan orangtuadan gaya belajar mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar siswapada SDN Kelas IV Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, yaitu: (1) terdapatpengaruh positif antara latar belakang tingkat pendidikan orangtua terhadap hasilbelajar siswa sebesar (67,6%); (2) terdapat pengaruh positif antara variabelpengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar (66,0%); (3) terdapatpengaruh positif antara variabel pengaruh latar belakang tingkat pendidikanorangtua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar (56,3%).

Berdasarkan hasil penelitian diatas maka disarankan kepada institusi atau sekolahagar lebih meningkatkan lulusan tingkat pendidikan orangtua yang tinggi agardapat mengarahkan anaknya sesuai dengan cara belajar yang cocok sehinggadapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta memiliki pengetahuan dalammenentukan gaya belajar yang cocok bagi anaknya sehingga siswa dapatmengetahui gaya belajar yang cocok untuk belajar bagi dirinya sendiri.