DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS,HUBUNGAN TEMAN SEBAYA (PEER RELATIONSHIPS), DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KECAMATAN SANANWETAN KOTA BLITAR

IKA WIDYA PRANANDARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Pranandari, Ika Widya. 2016. Korelasi antara Persepsi Siswa tentangPengelolaan Kelas, Hubungan Teman Sebaya (Peer Relationships), danHasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Sananwetan KotaBlitar. Tesis, Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng,M.Pd, (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M. Si., M. Ed.

 

Kata kunci: pengelolaan kelas, hubungan teman sebaya, hasil belajar

Dalam proses pembelajaran di sekolah ada beberapa faktor yang dapatmempengaruhi jalannya pembelajaran. Faktor tersebut dapat datang dari guru,siswa, atau lingkungan. Faktor yang datang dari guru misalnya adalah pengelolaankelas yang dilakukan di masing-masing kelas oleh guru-guru yang berbeda.Pengaruh siswa yang dapat mempengaruhi adalah kemampuan sosio-emosionalseperti bagaimana siswa membina hubungan baik dengan teman sebayanya.Lingkungan yang terdekat dengan siswa dalam proses pembelajaran di dalamkelas adalah lingkungan kelas itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)menguji korelasi antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dengan hasilbelajar siswa kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan di Kota Blitar, (2) mengujikorelasi antara hubungan teman sebaya dengan hasil belajar siswa kelas IV SDNKecamatan Sananwetan di Kota Blitar, dan (3) menguji korelasi antara persepsisiswa tentang pengelolaan kelas dan hubungan teman sebaya dengan hasil belajarsiswa kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan di Kota Blitar

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatifnoneksperimental bersifat korelasional. penelitian ini mengidentifikasi hubunganantara variabel independen (persepsi siswa tentang pengelolaan kelas danhubungan teman sebaya) dengan variabel dependen (hasil belajar siswa kelas IV).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN KecamatanSananwetan Kota Blitar. Sampel diambil menggunakan teknik samplingprobability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling.Sampel yang digunakan sebanyak 251 siswa. Dalam penelitian ini, untukmenggali data persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan hubungan temansebaya menggunakan kuesioner atau angket. Hasil belajar diperoleh melalui hasiltes ujian akhir semester tahun ajaran 2015-2016 yang disajikan pada buku laporanhasil belajar siswa atau raport. Kuesioner memiliki dua jenis pernyataan, yaitupositif dan negatif dengan skor 1 hingga 4.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada korelasi positif antarapersepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan hasil belajar siswa, (2) Ada korelasipositif antara hubungan teman sebaya (peer relationships) dan hasil belajar siswa,dan (3) ada korelasi positif antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas danhubungan teman sebaya dengan hasil belajar siswa SD Negeri KecamatanSananwetan Kota Blitar. Artinya bahwa semakin tinggi (baik) persepsi siswatentang pengelolaan kelas dan hubungan teman sebaya di SD Negeri KecamatanSananwetan Kota Blitar, maka hasil belajar siswa juga semakin tinggi.