DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Numbered Heads Together (NHT) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Lingkungan Hidup Siswa SMA

NILA PUSPITA SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Nila Puspita. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu Numbered Heads Together Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi Siswa SMA. Tesis, ProgramStudi Pendidikan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd, (II) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos.

 

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together(NHT), keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis.

Solusi ideal yang dijadikan sebagai pemecahan masalah dalam mengembangkan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa yakni dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Numbered Heads Together (NHT) merupakan pembelajaran yang mengkombinasikan langkah-langkah keduanya. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menuntut siswa menggunakan kemampuan inkuiri yang mampu lebih percaya pada kemampuan sendiri untuk berpikir, mencari informasi dari sumber lain, tentang banyak hal atau masalah dan berusaha mencari penyelesaiannya. Sedangkan inti dari pembelajaran Numbered Heads Together  (NHT)  yaitu  dapat  mengetahui  kemampuan  secara individual melalui pertanyaan yang ditujukan kepada siswa.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Numbered Heads Together  (NHT)  terhadap  keterampilan  metakognitif  dan  kemampuan  berpikirkritis pada materi Lingkungan Hidup siswa SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 56 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 berjumlah28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes esai berjumlah 8 soal tes essay untuk metakognitif dan berpikir kritis yang terdiri dari 4 soal pretest dan 4 soal posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t tidak berpasangan (Independent Samples t-Test) dengan bantuan SPSS 18.00 for Windows.

Hasil  penelitian  menunjukkan  terdapat  perbedaan  antara  nilai  rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistik diperoleh nilai signifikansi keterampilan metakognitif 0,016 < 0,05, dengan nilai rata-rata Gain Score kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 17 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitusebesar 12, maka Ho  ditolak yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran model Problem  Based  Learning  (PBL)  dipadu  Numbered  Heads  Together  (NHT) terhadap keterampilan metakognitif pada materi Lingkungan Hidup siswa SMA. Sedangkan   untuk   nilai   signifikansi   kemampuan   berpikir   kritis   diperoleh0,001 < 0,05 dengan nilai rata-rata Gain Score kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 18 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 12, maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dipadu Numbered Heads Together  (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi Lingkungan Hidup siswa SMA.

Saran untuk guru geografi yaitu harus mampu menguasai kelas dengan baik serta memilih masalah yang sesuai dengan karakteristik model pembelajaran ini. Bagi sekolah disarankan merealisasikan penggunaan model pembelajaran ini melalui   pengadaan   bimbingan   atau  pelatihan   (workshop).   Bagi   penelitiselanjutnya disarankan agar lebih teliti dan memiliki perencanaan yang baik, serta lebih  meningkatkan  keterampilan  dalam  proses  pengelolaan  kelas  agar  siswa dapat dikondisikan dengan baik

 

ABSTRACT

 

Sari, Nila Puspita. 2016. The effect of Problem Based Learning combined with Numbered Heads Together toward Metacognitive Skill and Critical Thinking Skill in Learning Geography to High School Students. Thesis, Geography Education Study Program, Postgraduate, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd, (II) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos.

 

Keywords:  Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together(NHT), metacognitive skill, critical thinking skill

The ideal solution which can be used as a solution in developing metacognitive skill and critical thinking skill of students in the group using model Problem  Based  Learning  (PBL)  combined  with  Numbered  Heads  Together (NHT). The learning model Problem Based Learning (PBL) combined Numbered Heads Together (NHT) is learning that combines steps of both. The learning model Problem Based Learning (PBL) requires students using inquiry capability that  is  able  to  have  more  confidence  in  their  own  ability to  think,  find  any information from other sources, about many things or problems and  find the solutions. Beside, the point Numbered Heads Together (NHT) learning can determine the ability individually through the questions addressed to students.

The research is conducted with the aim to review the effect of learning model application Problem Based Learning (PBL) combined with Numbered Heads Together (NHT) toward metacognitive and ability of critical thinking skillon environmental material High School Students. The research is a quasi- experimental study (quasi experimental) with quantitative approach. The total of experiment subject is 56 students consisting of XI IPS 2 as an experimental class and XI IPS 1 as Grade Control class. The research instruments used 8 questions essay test  for review metacognitive and  critical  thinking which consists  of 4 questions about the pretest and 4 about the posttest. The analysis technique used is not pairing test-t (Independent Sample t-Test) with helping from SPSS 18.00 for Windows.

The results showed there is a difference between the average value of the experimental class and control class. Statistical test results obtained significance value of metacognitive skill 0.016 <  0.05, with the average value of Gain Score experimental class is higher 17 compared to the control class which is 12, then Ho is rejected, which means that there are significant model learning Problem Based Learning  (PBL)  combined  with  Numbered  Heads  Together  (NHT)  towardmetacognitive skill in matter of high school students Environment. As for the significance value of critical thinking skill gained 0.001 < 0.05 with average value Gain Score experimental class is higher at 18 compared to the control class is 12, then Ho  is rejected, it means that there is an effect on model learning Problem Based Learning (PBL) combined with Numbered Heads Together (NHT) on the ability of critical thinking on the matter high school students Environment.

Suggestion for geography teacher, they must able to lead the class well and choose the problem which is appropriate to this model characteristic study. The result which is reached in this research can be used as studying model reference in school to improve the quality of teacher and  students  thus a good education condition can be created. In addition, it is recommended to realize the use of the learning model Problem Based Learning (PBL) combined with Numbered Heads Together (NHT) through the provision of guidance or training (workshops). For

further researcher suggested to be more careful and have a good plan and selection of materials adapted to the characteristics of the model will greatly influence the improvement of metacognitive skills and critical thinking skills in students.