DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning And Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA Dipadu TPS Dan Perbedaan Jenis Kelamin Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Motivasi, Keterampilan Metakognitif dan Karakter Siswa Kelas X SMA Malang

Hindun Syarifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Syarifah, Hindun. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning And Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA Dipadu TPS Dan Perbedaan Jenis Kelamin Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Motivasi, Keterampilan Metakognitif dan Karakter Siswa Kelas X SMA Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof.Dr.A.D.Corebima, M.Pd., (II) Dr.Sri Endah Indriwati, M.Pd.

 

Kata kunci: Reading Questioning And Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA Dipadu TPS, Motivasi, Keterampilan Metakognitif, Karakter

Pembelajaran biologi  seharusnya tidak hanya sekedar menyampaikan fakta dan teori namun juga harus mampu mengembangkan motivasi, keterampilan metakognitif dan karakter siswa. Fakta yang ditemui di lapangan terlihat bahwa proses pembelajaran jarang menggunakan pola pembelajaran berbasis konstruktivistik dan kooperatif, soal ujian dan ulangan harian yang digunakan masih dalam bentuk soal berupa pilihan ganda, guru belum optimal dalam melakukan penilaian terhadap karakter siswa. Kondisi tersebut menyebabkan motivasi, keterampilan metakognitif dan karakter siswa belum diberdayakan dengan optimal. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Selain strategi pembelajaran jenis kelamin ditengarai juga mempengaruhi motivasi, keterampilan metakognitif dan karakter siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Reading Questioning And Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA dipadu TPS, pengaruh perbedaan jenis kelamin, interaksi strategi pembelajaran dengan perbedaan jenis kelamin terhadap motivasi, keterampilan metakognitif dan karakter siswa kelas X SMA di kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Pretest dan Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 8 di Kota Malang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 sebagai kelompok kontrol, X MIA 1, X MIA 6, dan X MIA 7 sebagai kelompok eksperimen.

Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran TPS 15,16% lebih tinggi dalam meningkatkan motivasi siswa dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Strategi pembelajaran RQA dipadu TPS paling besar dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa sebesar 17,72% jika dibandingkan dengan strategi konvensional dan tidak berbeda secara signifikan dengan strategi RQA dan TPS. Strategi pembelajaran TPS secara signifikan lebih tinggi 8,52% dalam memberdayakan karakter siswa jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional, 4,16% lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran RQA dipadu TPS namun tidak berbeda signifikan dari strategi pembelajaran RQA. Perbedaan jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap motivasi siswa, namun berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan karakter siswa. Interaksi strategi pembelajaran dan perbedaan jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap motivasi, keterampilan metakognitif, dan karakter siswa.