DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Pendidikan Kepariwisataan Bagi Masyarakat Kabupaten Nganjuk Dalam Upaya Pemberdayaan Objek Wisata Air Terjun Sedudo

ARIP NUR ROHMAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohman, Arip Nur. 2016. Pelaksanaan Pendidikan Kepariwisataan Bagi Masyarakat Kabupaten Nganjuk Dalam Upaya Pemberdayaan Objek Wisata Air Terjun Sedudo. Tesis program studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si  (II) Dr. Wahju Wibowo, A.Md., S.E, M.Si

 

Kata Kunci: Pariwisata, Wisata alam, Sedudo

Pendidikan pariwisata bagi masyarakat sekitar lokasi tempat pariwisata sangat penting untuk dilakukan dengan menumbuhkan pelayanan yang baik pada suatu objek wisata akan tumbuh juga pembangunan berkelanjutan yang berbasis masyarakat serta kemitraan antar pemerintah, swasta dan masyarakat, salah satu alternatif destinasi pariwisata dan menjadi unggulan pariwisata. Salah satu alternatif destinasi pariwisata yang berbasis alam yaitu wisata air terjun Sedudo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Alasanya yaitu pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif adalah karena peneliti perlu mengamati berpartisipasi, dan berperan dalam objek penelitian. Adapun jenis dan pelaksanaanya menggunakan tekhnik studi kasus yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendetail terhadap suatu organisasi lembaga mengenai suatu kasus atau teori tertentu.

Lokasi penelitian ini dilaksanakan di wisata air terjun Sedudo yang terletak di desa Ngliman Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk dan kantor instansi yang terlibat langsung dalam pengelolaan kawasan wisata air terjun Sedudo. Sumber data diperoleh dari wawancara secara terstrukstur yang bisa berkembang dari Dinas Pariwisata, pengelola, kepala desa Ngliman, masyarakat, dan pengunjung.

Pemberdayaan masyarakat sekitar objek wisata air terjun sedudo dalam peran serta pengembangan objek wisata akan efektif apabila dengan masyarakat yang hidup disekitar objek wisata air terjun sedudo memperoleh pendidikan pariwisata sehingga sadar pariwisata. Berdasarkanmatrik IFE dan EFE yang dilanjutkananalisis SWOT menunjukkanbahwapendidikankepariwisataanbagimasyarakatNganjukdalamupayapemberdayaanobjekwisata air terjunSedudoadalahstrategi SO. Objek Wisata Air Terjun Sedudo yang terletak pada dataran tinggi menjadi daya tarik utama selain itu air terjun ini memiliki ketinggian yang sangat menarik, hal ini menjadi daya tarik tersendiri buat wisatawan untuk berkunjung. Pemberdayaan masyarakat harus lebih diintesifkan lagi dengan adanya ciri khas yang dihasilkan dari masyarakat sawahan maka daya tarik wisata untuk berkunjung sangat tinggi.