DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Pelatihan Menulis Cerita Pendek Bermuatan Nilai Karakter untuk Guru SMP Negeri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Se Kota Kupang.

Elfira Sonia Soli Kette

Abstrak


ABSTRAK

 

Kette, Elfira Sonia Soli. 2016. Pengembangan Bahan Pelatihan Menulis Cerita Pendek Bermuatan Nilai Karakter untuk Guru SMP Negeri Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Se Kota Kupang. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd., (II) Dr. Sunoto, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, bahan pelatihan, menulis cerpen, guru SMP.

Salah satu kompetensi guru yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2008 tentang Guru adalah Kompetensi profesional. Kompetensi profesional menuntut penguasaan guru terhadap substansi materi yang akan diberikan kepada siswa. Namun, berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa kompetensi guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam menulis cerita pendek masih rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kompetensi tersebut ialah pihak pemerintah khususnya dinas pendidikan melalui MGMP yang belum memfasilitasi guru melalui pelatihan menulis cerita pendek dengan bahan pelatihan. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan pelatihan menulis cerita pendek bermuatan nilai karakter dan menguji efektivitas produk yang dihasilkan.

Bahan pelatihan ini dikembangkan dengan menggunakan model Borg dan Gall dan menggunakan delapan langkah hasil adaptasi model Borg dan Gall. Data dan sumber data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil uji validasi dan uji lapangan. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari tanggapan, kesan, dan masukan dari ahli dan guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, panduan wawancara, dann lembar observasi.

Hasil dari pengembangan yang dilakukan berupa paket pelatihan menulis cerita pendek. Paket pelatihan yang dikembangkan untuk menulis cerita pendek bermuatan nilai karakter terdiri atas dua bagian, yakni bahan pelatihan menulis  dan panduan pembelajaran. Pengembangan paket pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menulis cerita pendek bermuatan nilai karakter dan melaksanakan pembelajaran menulis cerita pendek.

Hasil validasi dari ahli menulis kreatif sastra, pembelajaran sastra, dan media pembelajaran terhadap bahan pelatihan yang dikembangkan, diperoleh hasil yang baik. Berdasarkan hasil uji lapangan terhadap bahan pelatihan menulis cerita pendek, disimpulkan bahwa bahan pelatihan menulis cerita pendek bermuatan nilai karakter dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menciptakan ide dan mengembangkan ide cerita menjadi sebuah cerpen yang utuh. Berdasarkan hasil wawancara dan pengisian angket ditemukan bahwa terdapat beberapa bagian bahan pelatihan yang perlu direvisi guna kedalaman materi yang dilatihkan dan penyempurnaan desain bahan pelatihan. 

Saran yang diajukan berkaitan dengan pengembangan selanjutnya, yakni bahan pelatihan dapat diintegrasikan dengan kompetensi lain, misalnya membandingkan teks cerita pendek, mengonversi teks cerita pendek yang lain, dan seterusnya sehingga dihasilkan produk yang utuh berkaitan dengan cerita pendek dengan materi dan latihan yang kaya.