DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Reading Questioning and Answering (RQA), PBLdipadu RQAdan Perbedaan Jenis Kelaminpada Pembelajaran BiologiterhadapKeterampilan Berpikir Kritis, Motivasidan Karakter Siswa SMA di Kota Malang.

Putri Octa Hadiyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Hadiyanti, Putri Octa. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Reading Questioning and Answering (RQA), PBLdipadu RQAdan Perbedaan Jenis Kelaminpada Pembelajaran BiologiterhadapKeterampilan Berpikir Kritis, Motivasidan Karakter Siswa SMA di Kota Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Prof.Dr.A.Duran Corebima, M.Pd., (II) Dr. H. Abdul Gofur, M.Si.

 

Kata kunci:problem based learning (PBL), readingquestioningand answering (RQA), keterampilan berpikir kritis, motivasi, karakter

Pendidikan adalah salah satu sarana mentransfer ilmu pengetahuan, hendaknya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi utuh, tidak hanya kompetensi kognitif, namun memiliki kecakapan keterampilan berpikir kritis, motivasi yang tinggi dan karakter yang kuat untuk menjawab permasalahan dan menghadapi tantangan masa depan. Strategi pembelajaran yang tepat dalam proses pendidikan mampu menumbuhkan kembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa laki-laki dan siswa perempuan untuk berkontribusi, bersaing dan sukses dalam dunia global. Konstruksi pengembangan potensi ini memiliki pola yang berbeda. Jenis kelamin adalah salah satu faktor intrinsik yang mendasari pola ini. Penggunaan strategi pembelajaran dan perbedaan jenis kelamin merupakan aspek yang dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis, motivasi dan karakter siswa dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL), ReadingQuestioningand Answering (RQA), PBL dipadu RQA, pengaruh perbedaan jenis kelamin, interaksi strategi pembelajaran dengan perbedaan jenis kelamin terhadap keterampilan berpikir kritis, motivasi dan karaktersiswa kelas X SMA di kota Malang.Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimendenganpretest-posttest non-equivalen control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 8 di kota Malang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini siswa kelas X MIA 3 sebagai kelompok kontrol, X MIA 2, X MIA 4, dan X MIA 5 sebagai kelompok eksperimen. Keterampilan berpikir kritis diukur dengan menggunakan rubrik keterampilan berpikir kritis, motivasi diukur dengan menggunakan angket motivasi, dan karakter diukur dengan menggunakan angket karakter.

Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan motivasi siswa, namun tidak berpengaruh pada karakter siswa. Strategi pembelajaran RQA berpotensi paling besar dalam meningkatkan pencapaian keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 28,03% jika dibandingkan dengan strategi konvensional dan 22,27% lebih tinggi dari strategi pembelajaran PBL. Strategi pembelajaran RQA berpotensi paling besar dalam meningkatkan pencapaian motivasi siswa sebesar 10,60% jika dibandingkan dengan strategi konvensional dan 5,80% lebih tinggi dari strategi pembelajaran PBL.Perbedaan jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan motivasi siswa, namun berpengaruh terhadap karakter siswa. Rata-rata terkoreksi karakter siswa perempuan lebih tinggi 2,81% dari siswa laki-laki. Interaksi strategi pembelajaran dan perbedaan jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis, motivasi dan karakter siswa.Atas dasar hasil penelitian, disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti mengenai pengaruh antara keterampilan berpikir kritis, motivasi dan karakter dengan menggunakan strategi pembelajaran yang berbeda dan pada tingkat akademi yang berbeda.