DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dalam Kajian Praktik Lapangan (KPL)

Faizatur Rochmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rochmah, Faizah. 2016. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab  Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dalam Kajian Praktik Lapangan  (KPL). Tesis, Program Studi Keguruan Bahasa Arab, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd dan (2) Dr. Nur Hidayati, M.Pd.

 

Kata kunci: Perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, Kajian Praktik Lapangan

Hingga saat ini guru adalah komponen terpenting dalam pembelajaran, karena itu, guru harus memiliki kompetensi yang komprehensif  di bidang pendidikan. Perguruan tinggi  memiliki peranan yang kursial  dalam membentuk guru yang profesional. Di sini perguruan tinggi dituntut untuk merespon berbagai perubahan dan menjawab  masalah pendidikan yang beraneka ragam. Salah satu perguruan tinggi pendidikan yang ikut andil dalam penyiapan guru profesional di bidang pembelajaran bahasa  Arab adalah Universitas Negeri Malang. Katalog Universitas Negeri Malang edisi 2009 menyebutkan bahwa mahasiswa harus mengikuti kegiatan perkuliahan yang mencakup dua kurikulum, kurikulum inti dan institusional. Salah satu matakuliah wajib dalam kurikulum inti adalah Praktik Pengalaman Lapangan yang kemudian dirubah menjadi Kajian Praktik Lapangan (KPL). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keadaan, perencanaaan, dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab  mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang di SMAN 8 Malang dan MAN 3 Malang pada Kajian Praktik Lapangan (KPL).

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan desriptif kualitataif dengan berorientasi pada teori pendekatan fenomenologi. Kedudukan peneliti dalam penelitian ini adalah sebagai instrument utama dalam pengumpulan data. Oleh karena itu peniliti aktif hadir di sekolah yang diteliti. Dalam penelitian ini peneliti melakukan kegiatan mengumpulkan data, menganalisis, dan melaporkan. Peneliti juga menggunakan instrumen pendukung yakni panduan wawancara, panduan observasi dan panduan analisis konten. Sumber informasi atau data dalam penelitian ini adalah informan dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah (1) Mahasiswa PBA FS UM di SMAN 8 Malang dan MAN 3 Malang, (2) WAKA Kurikulum, (3) Guru pamong, dan (4) Siswa. Dokumen di sini adalah  RPP Bahasa Arab yang dibuat oleh mahasiswa Program Studi Bahasa Arab Fakultas Sastra universitas Negeri Malang dalam  kegiatan lesson study.

Hasil penelitian ini adalah sebagai brikut: Pelajaran bahasa Arab di SMAN 8 Malang termasuk pelajaran pilihan. Waktu yang tersedia untuk pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab 2 jam pelajaran dalam seminggu. Adapun siswa kelas 12 sibuk dengan persiapan ujian akhir da ujian Negara. Hal tersebut mengakibatkan sedikitnya waktu mengajar pelajaran bahasa Arab untuk mahasiswa KPL PBA FS UM. Namun, hal tersebut membuat mahasiswa KPL PBA FS UM memiliki waktu yang banyak untuk persiapan sebelum mengajar. Pelajaran bahasa Arab di MAN 3 Malang termasuk pelajaran wajib. Seluruh siswa dari elas 10 sampai 12 mempelajari bahasa Arab 4 jam pelajaran dalam seminggu. Namu hal tersebt tidak membuat bertmbahnya semangat mahasisa dalam meningkatkan kualitas mngajar.

 RPP mahasiswa KPL PBA FS UM di SMAN 8 Malang dan MAN 3 Malang sudah memenuhi kriteria penulisan identitas pelajaran yang lengkap dan mampu memilih media pembelajaran yang membantu memudahkan pemahan siswa dan muda dalam penerapan. Namun, pemilihan KD masih tidak sesuai dengan standar isi. Hal tersebut mengakibatkan beberapa masalah karena dalam perumusan indikator, pemilihan materi pembelajaran, perumusan kegiatan pembelajaran, dan penilaian membutuhkan merujuk pada KD yang tepat. Perumusan indikator juga belum sesuai dengan standar kejelasan indikator. Hal tersebut dikarenakan siswa masih belum memahami cara menjabarkan KD ke dalam indikator dengan menggunakan kata kerjaoperasional.

 Pada kegiatan pembuka dan kegiatan inti dalam pelaksanaan pembelajaran mahasiswa KPL PBA FS UM di SMAN 8 Malang dan MAN 3 Malang telah menggunakan metode dan media yang berfariasi. Namun kurangnya semangat dalam menggunakan metode dan media yang menarik hati siswa mengakibatkan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. persiapan sebelum pelaksanaan pembelajaran menyebabkan tidak adanya  kegiatan mengaitkan materi dengan perkembangan IPTEK dan tidak siap dalam melakukan penilaian di kegiatan penutup.