DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tamban Pada Materi Pecahan

HAMLINA

Abstrak


ABSTRAK

 

Hamlina. 2016. Penerapan Pembelajaran Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tamban Pada Materi Pecahan. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd (II) Dr. Sudirman, M. Si

 

Kata Kunci:   pendekatan RME, penalaran matematis, pecahan.

Kemampuan bernalar dan berfikir logis merupakan salah satu kemampuan yang dapat dikembangkan melalui belajar matematika. Penalaran matematis harus menjadi bagian yang konsisten dari pengalaman matematika siswa di dalam semua konten dan jenjang pendidikan. Tetapi kenyataannya penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tamban pada materi pecahan masih rendah. Permasalahan ini diduga disebabkan oleh kebiasaan belajar siswa dengan menghafal dan menerapkan rumus-rumus. Guru jarang memberikan masalah-masalah realistik yang memungkinkan siswa mengeksplorasi strategi penyelesaian masalah yang dikembangkan sendiri oleh siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu adanya perbaikan dalam pendekatan pembelajaran, yaitu dengan menerapkan pembelajaran pendekatan Realistic Mathematic Education (RME).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan mendeskripsikan pembelajaran pendekatan RME yang dapat meningkatkan penalaran matematis siswa pada materi pecahan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tamban yang berjumlah 25 orang. Prosedur penelitian mengacu pada rancangan penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart yang meliputi: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi aktivitas guru dan siswa, tes pada setiap akhir siklus pembelajaran, dan wawancara. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan RPP yang telah dirancang berdasarkan langkah-langkah dalam pembelajaran pendekatan RME. Langkah-langkah pembelajaran tersebut adalah (1) memahami masalah kontekstual, (2) menyelesaikan masaah kontekstual, (3) mendiskusikan selesaian masalah, dan (4) membuat kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran matematis siswa pada materi pecahan dapat meningkat dengan penerapan pembelajaran pendekatan RME. Pada siklus 1 hasil observasi aktivitas guru mencapai 92%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 83% dan persentase siswa yang mencapai kriteria penalaran matematis baik dan sangat baik sebesar 52%. Pada siklus 2 hasil observasi aktivitas guru mencapai 94%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 90% dan persentase siswa yang mencapai kriteria penalaran matematis baik dan sangat baik mencapai 80%. Hasil wawancara juga menunjukkan respon positif siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan RME.