DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

INTERFERENSI BERPIKIR SISWA SMP PADA MATERI KPK DAN FPB

Gendis Murpratiwi

Abstrak


ABSTRAK. : Siswa sering mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal cerita tentang KPK dan FPB. Kesulitan siswa tersebut ditunjukkan dalam hal menentukan cara penyelesaian soal jenis KPK dan FPB yang disajikan bersamaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan indikasi terjadinya interferensi berpikir siswa pada materi KPK dan FPB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini yaitu 5 siswa dari 16 siswa SMP Negeri 6 Pasuruan yang mengalami interferensi. Pemilihan subjek didapat berdasarkan letak interferensi dan kemampuan komunikasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya interferensi siswa SMP pada materi KPK dan FPB ditandai sebagai berikut: (1) siswa mengerjakan soal jenis KPK dengan cara FPB atau mengerjakan soal jenis FPB dengan cara KPK, (2) siswa menggunakan isyarat untuk menentukan cara penyelesaian soal menggunakan KPK atau FPB adalah kata “bersamaan”. (3) siswa tidak memperhatikan informasi soal yang penting, sehingga informasi penting tersebut tidak digunakan sebagai isyarat untuk menentukan cara penyelesaian soal menggunakan KPK atau FPB, (4) siswa menentukan nilai KPK dengan cara menggunakan prosedur  menentukan nilai FPB atau menentukan nilai FPB dengan cara menggunakan prosedur  menentukan nilai KPK.

Kata Kunci: FPB, interferensi berpikir, KPK, siswa SMP