DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Need for Achievement dan Risk Taking Propensity terhadap Minat Berwirausaha melalui Sikap Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

HIMA WIDYAS ASMARA

Abstrak


ABSTRAK

 

Asmara, Hima Widyas. 2016. Pengaruh Need for Achievement dan Risk Taking Propensity  terhadap Minat Berwirausaha melalui Sikap Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi  Universitas Negeri Malang). Tesis, Program Studi Bisnis dan Manajemen, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W, M.A., M.Si, Pembimbing (II) Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

 

Kata kunci: Need for Achievement, Risk Taking Propensity, sikap berwirausaha, minat berwirausaha

Kewirausahaan merupakan suatu semangat, sikap, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan dan menerapkan cara kerja dan menghasilkan produk baru untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar. Kewirausahaan sebagai perilaku yang terencana terkait dengan minat yang dimiliki seseorang. Minat Berwirausaha merupakan suatu keinginan yang dimiliki seseorang untuk melakukan suatu usaha/berwirausaha. Sejumlah faktor telah diprediksi mampu mempengaruhi minat seseorang antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha seseorang yaitu Need for Achievement, Risk Taking Propensity dan Sikap Berwirausaha. Need for Achievement adalah kemampuan atau dorongan yang ada dalam diri seseorang untuk berprestasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Risk taking Propensity adalah sejauh mana seorang individu bersedia mengambil resiko dan membuat keputusan-keputusan beresiko. Sikap berwirausaha adalah kecenderungan individu untuk memahami, merasakan, bereaksi dan berperilaku terhadap suatu objek.

Peneliltian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Need for Achievement terhadap sikap berwirausaha, (2) pengaruh Risk Taking Propensity terhadap sikap berwirausaha, (3) pengaruh Need for Achievement terhadap minat berwirausaha, (4) pengaruh Risk Taking Propensity terhadap minat berwirausaha, (5) pengaruh sikap berwirausaha terhadap minat berwirausaha, (6) pengaruh Need for Achievement terhadap minat berwirausaha melalui sikap berwirausaha, (7) pengaruh Risk Taking Propensity terhadap minat berwirausaha melalui sikap berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 540 mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan sampel sebesar 230 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner yang terdiri dari daftar pernyataan darai setiap variabelnya.

Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Need for Achievement berpengaruh kuat terhadap sikap berwirausaha, (2) Risk Taking Propensity berpengaruh kuat terhadap sikap berwirausaha, (3) Need for Achievement berpengaruh cukup kuat terhadap minat berwirausaha, (4) Risk Taking Propensity berpengaruh cukup kuat terhadap minat berwirausaha, (5) sikap berwirausaha berpengaruh cukup kuat terhadap minat berwirausaha, (6) terdapat pengaruh tidak langsung Need for Achievement terhadap minat berwirausaha melalui sikap berwirausaha, (7) terdapat pengaruh tidak langsung Risk Taking Propensity terhadap minat berwirausaha melalui sikap berwirausaha.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) semakin tinggi Need for Achievement yang dimiliki seseorang maka semakin tinggi atau positif pula sikap seseorang terhadap kegiatan berwirausaha. (2) Seseorang yang memiliki kemampuan Risk Taking Propensity yang tinggi/baik maka juga akan memiliki sikap yang positif terhadap kewirausahaan. (3) Semakin tinggi Need for Achievement seseorang maka semakin tinggi pula minat berwirausaha yang dimilikinya. (4) Seseorang dengan Risk Taking Propensity yang tinggi akan lebih memiliki minat berwirausaha yang lebih tinggi pula. (5) Seseorang yang memiliki sikap positif terhadap kewirausahaan akan mempunyai minat berwirausaha yang lebih tinggi daripada orang yang tidak memiliki sikap positif terhadap kewirausaan. (6) semakin tinggi Need for Achievement akan mendorong tingginya sikap berwirausaha, sehingga akan berdampak pada tingginya minat berwirausaha. (7) semakin tinggi Risk Taking Propensity akan mendorong tingginya sikap berwirausaha, sehingga akan berdampak pada tingginya minat berwirausaha.