DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kinerja Bursa Kerja Khusus Dalam Hal Keterserapan Tamatan, Pendekatan Perusahaan, Dan Informasi Lowongan Kerja Dengan Minat Peserta Penerimaan Siswa Baru SMK Rumpun Teknologi Dan Rekayasa Se-Kota Kediri

Ade Hari Aji

Abstrak


ABSTRAK

 

Aji, Ade Hari. 2015. Hubungan Kinerja Bursa Kerja Khusus Dalam Hal Keterserapan  Tamatan, Pendekatan Perusahaan, Dan Informasi  Lowongan Kerja Dengan Minat Peserta Penerimaan Siswa Baru Di SMK Rumpun Teknologi Dan Rekayasa Se Kota Kediri, Tesis, Jurusan Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H., M.A., Ph.D. (2) Dr. Mazarina Devi, Msi

 

Kata Kunci: kinerja bursa kerja khusus, keterserapan tamatan, pendekatan perusahaan,  informasi lowongan kerja, minat masuk smk.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan yang bertanggungjawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang handal, berorientasi kepada kebutuhan pasar harus mampu mengembangkan inovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari tenaga kerja. Lulusan SMK diharapkan dapat diterima di dunia industri sesuai dengan kompetensi yang dikuasai serta sesuai dengan ketrampilan dan pengetahuan yang sudah diperoleh pada waktu sekolah. Calon siswa SMK adalah lulusan SMP dan yang sederajat dan berlaku seperti halnya konsumen yang mempunyai alasan untuk memutuskan memilih sekolah lanjutan sesuai dengan keinginannya. Mereka umumnya belum dapat memilih sekolah berdasar kepentingan ekonomi atau kepentingan untuk persiapan kerja, masih banyak calon siswa memilih sekolah hanya berdasar pada gengsi, keinginan orang tua, kedekatan dengan teman atau  kefavoritan sekolah tanpa mempedulikan kemana mereka diarahkan setelah lulus dari sekolah tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan kualifikasi kinerja bursa kerja khusus SMK se Kota Kediri yang terdiri dari keterserapan tamatan pada DUDI, pendekatan perusahaan, dan informasi lowongan pekerjaan terhadap minat peserta penerimaan siswa baru se kota Kediri.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif  kuantitatif dengan angket yang digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda yaitu untuk memprediksi masing variabel kualifikasi kinerja BKK mempunyai hubungan dengan minat peserta penerimaan siswa baru SMK se kota Kediri.

Dari hasil penelitian dapat diketahui 1) ada hubungan yang bermakna antara keterserapan tamatan dengan minat peserta penerimaan siswa baru di SMK se-Kota Kediri, 2) tidak ada hubungan yang bermakna antara pendekatan perusahaan oleh sekolah dengan minat peserta penerimaan siswa baru di SMK se-Kota Kediri, 3) ada hubungan yang bermakna antara informasi lowongan kerja dengan minat peserta penerimaan siswa baru di SMK se-Kota Kediri, 4) ada hubungan yang bermakna antara variabel kinerja BKK yang terdiri dari keterserapan tamatan, pendekatan perusahaan, dan informasi lowongan kerja dengan minat peserta penerimaan siswa baru di SMK se-Kota Kediri.

Berdasarkan temuan ini ada beberapa saran 1) pengelola BKK tiap SMK di kota Kediri hendaknya selalu meningkatkan kinerja dan berperan aktif dalam hal peningkatan keterserapan tamatan, pendekatan ke perusahaan, penginformasian lowongan kerja dan juga melakukan pembenahan dalam organisasi dan bersinergi dengan unit kerja lain dalam sekolah agar program kerja berjalan sesuai rencana, 2) bagi orang tua hendaknya memberikan informasi dan motivasi kepada anaknya untuk memilih SMK yang sesuai dengan minat, 3) Bagi DU/DI hendaknya bersikap terbuka dan mudah bekerjasama dengan SMK untuk kemajuan bersama, 4) bagi peneliti selanjutnya perlu menggali faktor lain seperti cita-cita, kebutuhan masa depan, dan ketekunan bekerja.