DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penguasaan Konsep dan Kemampuan Bertanya Materi Hukum Newton melalui Pembelajaran Inquiry Lesson dengan Strategi Learning By Questioning pada Siswa SMA Kelas X

ALFIYAH NUR JANNAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Jannah, Alfiyah Nur. 2016. Penguasaan Konsep dan Kemampuan Bertanya Materi Hukum Newton melalui Pembelajaran Inquiry Lesson dengan Strategi Learning By Questioning pada Siswa SMA Kelas X. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Lia Yuliati, M.Pd, (II) Dr. Parno, M,Si.

 

Kata kunci: penguasaan konsep fisika, kemampuan bertanya, inquiry lesson, strategi Learning by Questioning

Pembelajaran fisika hendaknya membuat siswa menguasai konsep dan dapat mengembangkan gagasannya dengan melatih kemampuan bertanya siswa. Penguasaan konsep dan kemampuan bertanya siswa dapat dikembangkan dengan menerapkan pembelajaran inquiry lesson dengan strategi Learning by Questioning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep, kemampuan bertanya siswa, serta respons siswa pada materi Hukum Newton dalam pembelajaran inquiry lesson dengan strategi Learning by Questioning.

Penelitian mixed methods dengan desain embedded experimental ini dilakukan terhadap 36 siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Krian. Instrumen penelitian ini berupa perangkat pembelajaran, soal pre-test dan post-test yang memberikan permasalahan secara konseptual tentang materi Hukum Newton meliputi indikator pencapaian konsep dari level C3 hingga C6. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan berikut: pre-test, pemberian pembelajaran inquiry lesson dengan strategi Learning by Questioning, post-test, pemberian angket dan wawancara. Analisis kuantitatif dilakukan menggunakan statistik deskriptif yang melibatkan perhitungan uji-t berpasangan dan N-gain. Analisis kualitatif dilakukan dengan cara penyiapan data, pengkodean data, representasi data, interpretasi data, dan validasi keakuratan data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan pemahaman dalam level sedang, dimana siswa mampu mencapai indikator tertinggi pencapaian konsep yaitu mencipta atau level C6 dan sebagian besar siswa SMA memiliki penguasaan konsep pada level C5; kemampuan bertanya siswa meningkat pada setiap pertemuan ditinjau dari persentase jumlah siswa yang bertanya dan perubahan pada aspek yang digunakan untuk mengklasifikasikan kategori pertanyaan siswa meliputi aspek materi, konstruksi, dan bahasa; serta sebagian besar siswa memberikan respons positif yaitu 65,28% terhadap pembelajaran inquiry lesson dengan strategi Learning by Questioning. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, beberapa saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: pada proses pembelajaran guru perlu untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan memberikan waktu yang lebih kepada siswa untuk menyampaikan pendapat maupun mengajukan pertanyaan, bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian serupa sebaiknya memperhatikan faktor-faktor lain di luar variabel yang akan diteliti seperti gaya belajar yang siswa gunakan untuk mengingat dan memahami materi yang dipelajari, serta perlu dilakukan penelitian sejenis tetapi dalam waktu yang lebih lama agar data yang diperoleh lebih detail.