DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Struktur Koneksi Matematis Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linier

Melinda Rismawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rismawati, Melinda. 2016. Struktur Koneksi Matematis Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linier. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Edy Bambang Irawan, M. Pd, ( II ) Dr. Hery Susanto, M.Si

 

Kunci: Struktur Koneksi Matematis, SPL

Koneksi matematis merupakan bagian penting yang harus mendapatkan penekanan di setiap jenjang pendidikan karena dengan koneksi matematis pembelajaran akan bermakna dan optimal dalam pemikiran siswa. Menurut NCTM (2000) koneksi matematis adalah hubungan antar konsep dalam satu  topik yang sama, serta hubungan antar materi dalam topik tertentu dengan materi dalam topik lainnya dalam matematika. Penelitian ini mengkaji struktur koneksi matematis siswa dalam  menyesleaikan soal sistem persamaan linier dengan memberikan lembar tugas individu dan melakukan wawancara kepada subyek. Struktur koneksi matematis dikaji dengan mengkaitkan dengan  indikator koneksi matematis yaitu: (1) mengenal dan menggunakan hubungan diantara ide-ide matematis, dan (2) memahami ide matematis yang saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan keseluruhan yang koheren.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.  Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu yang telah mempelajari materi sistem persamaan linier. Pengambilan data dilakukan dengan meminta 3 siswa mengerjakan  lembar tugas individu dan melakukan wawancara kepada ketiga subyek penelitian. Subjek 1 (S1) adalah siswa berkemampuan matematis tinggi, subjek 2 (S2) adalah subjek berkemampuan matematis sedang dan subjek 3 (S3) adalah subjek berkemampuan matematis rendah.

Hasil penelitian menemukan bahwa struktur koneksi yang dimiliki S1 pada soal I dan II telah memenuhi indikator koneksi matematis yaitu: (1) mengenal dan menggunakan hubungan diantara ide-ide matematika, dan (2) memahami ide matematis yang saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan keseluruhan yang koheren. Struktur koneksi matematis S2 pada soal I memenuhi indikator koneksi yaitu: (1) mengenal dan menggunakan hubungan diantara ide-ide matematika, dan (2) memahami ide matematis yang saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan keseluruhan yang koheren. Untuk soal II struktur koneksi S2 memenuhi indikator koneksi yaitu mengenal ide-ide matematis. Struktur koneksi  S3 dalam menentukan solusi SPL secara aljabar memenuhi indikator koneksi yaitu: (1) mengenal dan menggunakan hubungan diantara ide-ide matematika. Untuk soal II, S3 memenuhi indikator koneksi mengenal ide-ide matematis.