DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pendekatan Jawaban Terbuka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Soal Cerita pada Siswa Kelas V SDN 24 Jati Gaung Kota Padang

Gita Resfika Nasution

Abstrak


ABSTRAK

 

Nasution, Gita, R. 2016. Penerapan Pendekatan Jawaban Terbuka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Soal Cerita pada Siswa Kelas V SDN 24 Jati Gaung Kota Padang. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed., (II) Dr. Abdur Rahman As’ari, M.Pd., M.A.

 

Kata Kunci: Pendekatan jawaban terbuka, hasil belajar, soal cerita.

Berdasarkan  hasil observasi pada siswa kelas V tahun pelajaran 2015/2016 di SDN 24 Jati Gaung Kota Padang banyak siswa yang kurang mengerti dalam menyelesaikan soal cerita. Selain itu, hasil belajar siswa rendah, yaitu dilihat dari hasil belajar ulangan harian soal cerita siswa yang nilai rata-ratanya 58 dari maksimal 100.  Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita adalah pendekatan jawaban terbuka. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan jawaban terbuka yang dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita di SDN 24 Jati Gaung Kota Padang?

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 24 Jati Gaung yang berjumlah 21 orang. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar observasi aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan pendekatan jawaban terbuka, tes hasil belajar, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa pendekatan jawaban terbuka dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita. Peningkatan hasil belajar soal cerita belum mencapai kriteria keberhasilan penelitian, sehingga dilaksanakan siklus II. Nilai hasil belajar soal cerita pada siklus II sudah mencapai kriteria keberhasilan penelitian, yaitu  80 % siswa mencapai KKM. Pembelajaran soal cerita dengan menggunakan pendekatan jawaban terbuka pada siklus I dan II terdiri atas enam fase pada setiap pertemuan, yaitu 1) fase orientasi, 2) pembekalan/penyajian masalah terbuka, 3) pengerjaan soal jawaban terbuka secara individu, 4) diskusi kelompok, 5) presentasi hasil diskusi kelompok, dan 6) penutup.

Disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran soal cerita dengan menggunakan pendekatan jawaban terbuka yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu1) fase orientasi, 2) pembekalan/penyajian masalah terbuka, 3) pengerjaan soal jawaban terbuka secara individu, 4) diskusi kelompok, 5) presentasi hasil diskusi kelompok, dan 6) penutup. Disarankan kepada kepala sekolah dan guru untuk menjadikan pendekatan jawaban terbuka sebagai salah satu alternatif pendekatan yang dapat dilaksanakan dalam pembelajaran matematika untuk mewadahi kebutuhan guru dalam upaya meningkatkan keterampilan diri dan kebutuhan siswa akan pembelajaran yang menarik dan bermakna, sehingga diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Temuan mengenai hasil belajar soal cerita dapat dilanjutkan dan dikembangkan dalam PTK dengan menambah variabel berpikir kritis, karena soal cerita dan pendekatan jawaban terbuka dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa.