DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untukMeningkatkanHasilBelajarSiswa (StudiPada KD MenjelaskanSistemKearsipanKelas X APK 2 SMK PGRI 2 Malang)

Depri , Ratnawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Ratnawati, Depri. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Numbered HeadsTogether (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi PadaKD Menjelaskan Sistem Kearsipan Kelas X APK 2 SMK PGRI 2Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Suharto S.M., M.Pd., M.M, (II)Drs. I NyomanSuputra, M.Si.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran NHT, hasil belajar siswa.

Berdasarkan observasi di kelas X APK 2 di SMK PGRI 2 Malang yang peneliti lakukan dengan guru mata pelajaran Kearsipan ditemukan beberapa masalah yakni (1) siswa cenderung pasif dan kurang aktif pada saat guru menjelaskan secara ceramah,(2) saat diskusi dan presentasi siswa hanya bergantung pada ketua kelompok/siswa yang pandai. Beberapa masalah yang timbul karena keaktifan siswa yang masih rendah dan berdampak pada hasil belajar siswa. proses pemecahan masalah tersebut, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Alternatif cara yang dipilih peneliti untuk mengatasi permasalahan ialah dengan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi yaitu model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Rumusan masalah pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas X APK 2 pada mata pelajaran Kearsipan, (2) hasil belajar siswa kelas X APK 2 pada mata pelajaran Kearsipan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK 2 yang berjumlah 38 siswa. Sumber data dikumpulkan melalui observasi , dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian meliputi tiga hal: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa siswa sudah mulai antusias serta berani berpendapat dan peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah tindakan berlangsung menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan mempunyai nilai rata-rata kelas 74,2 meningkat menjadi 82.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang diberikan oleh peneliti antara lain: (1) Bagi guru, dianjurkan menerapkan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Bagi kepala sekolah, hasil penelitian diharapkan menjadi pertimbangan dalam upaya perbaikan penerapan strategi pembelajaran, (3) Bagi siswa, hendaknya meningkatkan krativitas mereka untuk lebih maju dengan cara terus belajar belajar kritis dan mau mengungkapkan pendapat sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajar, (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan perbaikan pada kekurangan yang terjadi dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai salah satu upaya peningkatan hasil belajar.