DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Pada Siswa Kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang

Martini Dwi Purnama

Abstrak


ABSTRAK

 

Purnama, Martini Dwi. 2016. Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 SDN Gadang 1Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan,M.Pd.,(II) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah,M.Pd.MA

 

Kata Kunci : Media Box, Mengenal Bilangan dan Operasinya

Pembelajaran matematika yang dilakukan di Sekolah Dasar terutama di kelas satu hendaknya disesuaikan dengan karakteristik siswa. Siswa kelas 1 SD menurut teori piaget memasuki tahap berpikir operasional konkret. Pada tahap ini siswa belum bisa memahami benda-benda yang bersifat abstrak oleh karena itu penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN Gadang 1, ditemukan bahwa ketersediaan media pembelajaran matematika khususnya pada materi bilangan dan operasinya yang dilengkapi dengan permainan masih sangat minim. Salah satu pemecahan masalah untuk mengatasi ketersediaan media pembelajaran matematika adalah mengembangkan media puzzle dan ular tangga yang dimasukkan dalam ke dalam  kotak dengan dilengkapi dengan permainan. Media tersebut dinamakan box karena memodifikasi dua permainan yang yang mengacu pada tahapan penanaman konsep dienes. Media box mengenal bilangan dan operasinya ini dapat menjadi pilihan media oleh guru untuk mengatasi ketersediaan media pembelajaran matematika yang dapat mengaktifkan dan sesuai dengan perkembangan anak.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (four D Model)  oleh Thiagarajan dan Semmel yang telah dimodifikasi oleh Hobri menjadi tiga tahap. Model rancangan terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (diseminate). Tahap pendefinisian (define) terdiri dari analisi ujung depan , analisis siswa,  analisis tugas,  analisis konsep dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap perancangan (design) terdiri dari penyusunan tes, pemilian media, pemilihan format, perancangan awal, dan penilaian ahli apakah media tersebut valid. Tahap pengembangan terdiri dari uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan, analisis uji coba, revisi produk dan menghasilkan produk akhir.   Uji coba di lakukan di kelas 1 pada SDN Gadang 1 dengan jumlah siswa 30 siswa 13 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki.

Hasil validasi ahli berdasarkan validator media pembelajaran dan materi sebesar 85,3% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan uji kepraktisan media dan kemenarikan media oleh observer dan penggunan yaitu guru kelas satu sebesar 92,2% dengan kategori sangat praktis dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan keefektifan produk yang didapatkan pada akhir penggunaan media melalui evaluasi siswa mencapai 83,3% mencapai ketuntasan yang ditetapkan oleh sekolah. Maka media box mengenal bilangan dan operasinya yang dikembangkan dapat dikatakan valid, praktis, menarik dan efektif sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran matematika. 

 

ABSTRACT

 

Purnama, Martini Dwi. 2016. Development of Media Box Knowing Numbers and Operations For First Grader of  SDN Gadang 1 Kota Malang. Basic Education Studies Program, Postgraduate University of  Malang. Preceptor  (I) Dr. Edy Bambang Irawan,M.Pd., (II) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah,M.Pd.MA

 

Keywords: Media Box, Knowing  Numbers and Operations

Matematics learning in primary schools, especially in the first class should be the characteristics of the students. Students in 1st grade, according to Piaget's theory entered the stage of concrete operational thinking. This stage the students can not understand the things that are abstract therefore the use of instructional media is indispensable. Based on observations conducted by researchers at SDN Tower 1, it was found that the availability of instructional media of mathematics, especially in the matter of numbers and operations that comes with the game is still very minimal. One problem solving to address media availability mathematics learning is to develop media puzzle and snakes and ladders are inserted deep into the box comes with the game. The media called box for modifying the two games which refers to the stages of planting concept dienes. Media box numbers and operations know this can be a choice of media by teachers to cope with media availability to enable the study of mathematics and in accordance with the child's development.

This research is the development of the development model 4D (four D Model) by Thiagarajan and Semmel that has been modified by Hobri into three stages. Design model consists of four phases, namely the definition (define), planning (design), development (develop), and dissemination (diseminate). Phase definition (define) consists of a front end analysis, analysis of students, the task analysis, analysis of the concept and specification of learning objectives. The design phase (design) consists of the preparation of the test, the election of the media, format selection, preliminary design, and expert assessment of whether the media is valid. The development phase consists of a small group trials, field trials, analytical trials, product revisions and the final product. The trial was conducted in class 1 at SDN Tower 1 by the number of students 30 students 13 female students and 17 male students.

The results of expert validation validator based learning media and materials amounted to 85.3% in the category of very valid and can be used without revision. Based on the test media practicality and attractiveness of the observer and the use of media by which one class teacher of 92.2% to the category of very practical and can be used as a medium of learning. Based on the effectiveness of the product obtained at the end of the media through the use of student evaluations reached 83.3% achieve mastery set by the school. Then the media box to know numbers and operations developed as valid, practical, attractive and effective so that it can be used in the learning of mathematics.