DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan prototipe buku bahasa inggris untuk calon calon pramugari

muhamad ali agung baroto

Abstrak


ABSTRAK

 

Ali Agung Baroto, Muhamad. 2016. Mengembangkan buku prototipe bahasa ingrris untuk calon pramugari. Thesis, Graduate Program in English Language Teaching, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Emalia Iragiliati, M.Pd. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati, M.A.

 

Kata kunci : Buku teks , ESP , Calon Pramugari

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe buku bahasa Inggris untuk calon pramugari yang mengikuti pelatihan di pusat pelatihan pramugari. Buku prototipe yang dikembangkan berdasarkan silabus yang ada dan hasil penelitian pada periode analisis .Metode penelitian dan pengembangan diimplementasikan ketika melakukan penelitian ini .Borg dan Gall teori pada penelitian dan pengembangan digunakan dan disederhanakan karena waktu terbatas melalui delapan langkah antara lain: 1) Analisis kebutuhan, 2) Perencanaan, 3) Mengembangkan bentuk awal dari produk, 4) Uji lapangan awal, 5) Produk utama revisi, 6) Ujicoba lapangan utama, 7) Revisi produk, dan 8) Produk akhir dan penyebaran.

Periode analisis kebutuhan dianggap sebagai fase yang sangat penting dalam penelitian ini . Oleh karena itu, hal ini dilakukan untuk mengetahui minat dan kebutuhan yang sebenarnya dari beberapa orang yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini. Analisis kebutuhan diimplementasikan untuk calon pramugari, guru ESP di Pusat Pelatihan Sekar Gegani Malang, dan untuk pramugari yang telah memiliki pengalaman terbang sebagai awak kabin di berbagai maskapai penerbangan.Produk yang dikembangkan akan menjadi sangat berguna bagi guru ESP mengajar di pusat pelatihan pramugari, terutama di Sekar Gegani Training Center, karena didasarkan pada silabus yang ada dan kebutuhan para siswa saat ini  yang ditemukan di periode analisis kebutuhan.

Prototipe produk yang dikembangkan di kategorikan menjadi 3 bab berdasarkan silabus yang ada, ini adalah sebelum penerbangan, dalam penerbangan dan mendarat . Ada sepuluh unit yang terkait dengan suasana kerja yang sebenarnya dalam penerbangan . Mereka adalah : 1) Pengarahan Pre -flight 2) Boarding , 3) Pengumuman 4) Sebelum Take- off, 5) Layanan Makan, 6) Menyelesaikan masalah, 7) Penjualan di pesawat, 8) Keadaan darurat, 9) Mendarat, dan 10) Melamar pekerjaan. Seluruh unit ini akan disajikan dalam dua belas pertemuan dengan sesi sembilan puluh menit untuk setiap pertemuan . Produk prototipe yang dikembangkan kemudian diuji dalam pengujian lapangan utama oleh guru mengajar ESP di Pusat Pelatihan Sekar Gegani Malang . Setelah uji lapangan utama , peneliti merevisi beberapa poin berdasarkan umpan balik dari ujicoba lapangan dan bidang utama pengujian buku teks direvisi berdasarkan umpan balik dari periode ini dan produk akhir sebagai hasil dari pengembangan yang dilakukan.

Peneliti menyarankan untuk Sekar Gegani Training Center di mana penelitian ini berlangsung untuk menyebarkan prototipe produk yang dikembangkan oleh peneliti dan mendistribusikannya kepada peserta pelatihan dan menggunakan prototipe produk yang dikembangkan sebagai bahan pengajaran baik sebagai bahan utama atau pelengkap dalam mengajar bahasa Inggris. Kemudian, untuk pengembang berikutnya juga disarankan bahwa prototipe produk yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan penelitian lanjutan dan akan menjadi ide bagus untuk memasukkan semua skills bahasa Inggris dalam mengembangkan materi tersebut.