DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Berdasarkan Teori van Hiele Berbantuan Hands-On Activity (HOA) untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Pemecahan Masalah Garis dan Sudut Siswa

Ratna Titi Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Ratna Titi. 2016. Pembelajaran Berdasarkan Teori van Hiele Berbantuan Hands-On Activity (HOA) untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Pemecahan Masalah Garis dan Sudut Siswa. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Akbar Sutawijaya, M.Ed, Ph.D, (II) Dr. Susiswo, M.Si.

 

Kata Kunci: Teori Van Hiele, HOA, Pengetahuan, Keterampilan

Pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran seharusnya diperoleh siswa dengan maksimal. Ternyata pengetahuan dan keterampilan siswa SMP N 3 Grabag, kabupaten Magelang selama beberapa tahun terakhir belum sesuai standar yang telah ditetapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ujian akhir semester. Mempertimbangkan fakta tersebut, perlu ada pembelajaran yang sesuai untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Pembelajaran tersebut adalah pembelajaran berdasarkan teori van Hiele berbantuan HOA, yaitu pembelajaran yang melalui level 0, level 1, dan level 2, dimana setiap level ada 5 tahap: information, guide orientation, explicitation, free orientation, dan integration dan HOA digunakan dalam salah satu tahap tersebut. HOA menjembatani tingkat berfikir siswa dari kongkret menuju ke absrak.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran berdasarkan teori van Hiele berbantuan HOA yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP N 3 Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada materi garis dan sudut, dengan subjek penelitian kelas VII E sebanyak 32 orang.

Peneliti telah melakukan pembelajaran berdasarkan tahap-tahap pada teori van Hiele berbantuan HOA. Pada tahap information, peneliti memberikan pertanyaan prasyarat atau memberikan informasi baru yang diperlukan dalam pembelajaran. Pada tahap guide orientation peneliti mendesain dan membimbing agar siswa menemukan sendiri suatu konsep. Pada tahap explicitation, peneliti membimbing agar siswa menyatakan kembali konsep yang telah dipelajari dengan bahasa sendiri, agar siswa dapat berargumen informal. Pada tahap free orientation peneliti mengaktifkan setiap siswa agar dapat menemukan pengetahuan dan membangun keterampilan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks dengan langkah-langkah yang tepat, yaitu memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian masalah, melaksanakan strategi penyelesaian, mengecek hasil penyelesaian masalah. Tahap integration, siswa menyimpulkan kembali suatu konsep yang telah ditemukan dengan bimbingan guru. Di level 0 dan 1 siswa belum bisa menghu-bungkan konsep-konsep yang telah ditemukan. Setelah peneliti melakukan seluruh kegiatan dalam tahap-tahap tersebut pada siklus I dan II, siswa dapat menghubungkan konsep-konsep yang telah ditemukan. Hal ini menunjukkan siswa telah mencapai level 2. Pengetahuan dan keterampilan siswa meningkat dari level 0 sampai level 2. Berdasarkan hal tersebut, maka pembelajaran berdasarkan teori van Hiele berbantuan HOA dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemecahan masalah garis dan sudut siswa kelas VII E SMP N 3 Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

ABSTRACT

Wulandari, Ratna Titi. 2016. Learning Based on van Hiele’s Theory Assisted by Hands-On Activity (HOA) to Improve Students’ Competence on Knowledge and Problem Solving Skill about Lines and Angles. Thesis. Graduate Program in Mathematics Education. State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Akbar Sutawidjaya, M.Ed, Ph.D, (II) Dr. Susiswo, M.Si.

 

Key words: Van Hiele’s Theory, HOA, Knowledge, Skill

Knowledge and skill in learning should be obtained by the students maximally. However, it was found that the students’ knowledge and skill of SMP N 3 Grabag, Magelang Region, for the last some years, had not reached the standard. The students’ knowledge and skill could be seen through the result of students’ semester final examination. Considering that fact, there should be an appropriate learning to improve students’ knowledge and skill. The intended learning was the learning based on van Hiele’s theory assisted by HOA, the learning through level 0, level 1, and level 2 in which there were five phases for each level namely information, guide orientation, explicitation, free orientation, and integration. Moreover, in one of the phases, HOA was employed to relate the students’ thought level from concrete to abstract.

The aim of this research was to describe the learning based on van Hiele’s theory assisted by HOA to improve students’ knowledge and skill. This research was a Classroom Action Research conducted in SMP N 3 Grabag, Magelang Regency, Central Java in the second semester of academic year of 2015/2016 in the material of lines and angles. The subjects of this research were 32 students of grade VII E.

The researcher had employed a learning based on the phases in van Hiele’s teory assisted by HOA. In information phase, the researcher provided preliminary questions or new information needed in the learning. In the guide orientation phase, the researcher designed and guided the students to discover a concept. Next, in explicitation phase, the students were guided to express the concept they had learned in words in order to be able to argue informally. Then, in free orientation phase, the researcher encouraged the students to discover knowledge and build their skills in solving the more complex problem following appropriate steps namely: plan, do, see, check. Integration, as the last phase required students to summarize all that they had learned about the concept. In level 0 and level 1, the students had not been able to connect the entire concept found. After the researcher had implemented all activities in those phases in cycle I and II, the students were able to relate the concept found. This indicated that the students had achieved level 2. Their knowledge and skill increased from level 0 to level 2. Regarding that finding, it can be concluded that the learning based on van Hiele’s theory assisted by HOA could improve students’ knowledge and problem solving skill about lines and angles of grade VII E of SMP N 3 Grabag, Magelang Region, Central Java.